fbpx
Connect with us

Pendidikan

Dinas Adakan Pra KSN, Siswa Juara Bakal Maju Tingkat Nasional

Published

on

Wonosari,(pidjar com)–Bibit prestasi siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Gunungkidul nampaknya terus dijaring. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menggelar Pra Kompetisi Siswa Nasional (KSN) untuk mempersiapkan kegiatan bergengsi di tingkat nasional ini.

Sekrestaris panitia Pra KSN, Heriyanto mengatakan sedikitnya 667 siswa dari 130 siswa SMP di Kabupaten Gunungkidul mengerjakan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Matematika. Mereka diuji ketangkasannya untuk memperebutkan 10 medali emas, 20 medali perak dan 30 medali perunggu.

“Ini program dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan anak-anak di Gunungkidul,” ujar Heriyanto, seusai kegiatan, Minggu (23/02/2020).

Para siswa mengerjakan soal Lembar Jawab Komputer (LJK). Siswa yang benar menjawab akan diberi poin empat untuk jawaban benar, nol jawaban kosong dan minus satu untuk jawaban salah.

“Mereka dikelompokkan menjadi tiga kualifikasi sains, IPA, IPS dan Matematika, sesuai yang didaftar,” imbuh dia.

Harapan dari kegiatan ini, kemampuan siswa di bidang sains dapat termonitor. Nantinya, para siswa yang mendapat medali dipersiapkan untuk mengikuti KSN di tingkat nasional.

“Tiap sekolah bebas mengirimkan wakilnya. Mereka melalui tahap seleksi tiap sekolah,” jelas Heri.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kabupaten Gunubgkidul, Bahron Rasyid mengatakan, ajang ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk melihat sejauh mana didikan sekolah masing-masing. Soal ini menjadi standar bagaimana guru sains melalui sekolah telah memberikan materi kaitannya dengan sains.

“Untuk melihat apakah konsep materi sains bisa dikuasai bahkan ditambah dengan berbagai refrensi dari peserta didik,” jelas Bahron.

Menurutnya, jumlah peserta yang mencapai ratusan membuktikan bahwa siswa cukup berantusias dalam ajang ini. Menurutnya para siswa memiliki potensi yang berbeda namun semangat yang sama.

“Ini kegiatan positif banyak pelajar yang tertarik mengikuti,” tandasnya.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler