fbpx
Connect with us

event

PSGGC Jogja Gelar Seminar Nasional Gifted Hybrid

Diterbitkan

pada

BDG

 

Jogja,(pidjar.com)–Anak gifted (cerdas istimewa) adalah anak yang memiliki kemampuan kognisi yang tinggi (IQ >130 bila diukur dengan skala Wechsler atau >140 bila diukur dengan skala Binet), serta memiliki motivasi dan konsentrasi yang kuat dalam melakukan sesuatu (yang disukainya). Namun sebagian besar dari mereka justru tidak seperti yang dipikirkan orang banyak mengenai anak yang sangat pintar ini.

Ketua Panitia event, Patricia Lestari Taslim mengatakan nak-anak gifted sering dipandang sebagai anak nakal, malas, hiperaktif, suka membantah, trouble maker, sulit berkomunikasi, atau bahkan terlambat bicara.

” Perlakuan, pengasuhan, dan pendidikan yang tepat bisa membuat anak-anak ini berprestasi sesuai dengan kemampuannya, yang pada akhirnya diharapkan akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan negara,”tuturnya.

Ia menyayangkan akan pengetahuan seperti orang tua, guru, atau support system yang lain mengenai giftedness sampai saat ini masih sangat terbatas, biarpun semakin hari, semakin terlihat bahwa isu ini merupakan salah satu isu penting dalam tumbuh kembang anak dan pendidikan.

Berita Lainnya  Indonesia Custom Show 2023 Hadirkan 125 Mobil dan 100 Motor Nyentrik

“Anak-anak ini seringkali terluput dari sistem pendidikan yang ada. Padahal, anak gifted memiliki potensi yang luar biasa, namun sekaligus juga berisiko ketika sistem pendidikan tidak cukup mengakomodasi kondisinya yang unik,”tandasnya.

Sebagai bagian dari kepedulian terhadap potensi pengembangan pendidikan bagi Anak Gifted (cerdas istimewa), dalam ulang tahunnya yang ke-9, Parents Support Group for Gifted Children (PSGGC) Jogja – berkolaborasi dengan PSGGC Solo, PSGGC Jawa Timur, PSGGC Semarang, dan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya – bermaksud mengadakan seminar nasional dengan tema “Mengoptimalkan Potensi Anak Gifted Melalui Pendidikan Inklusi”.

Seminar nasional ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 September 2023, bertempat di Auditorium FK Ruang MA Lt 6 Universitas Surabaya, Jl. Kalirungkut, Tenggilis, Surabaya.

Berita Lainnya  Grand Kangen Hotel Ajak Anak-anak Mewarnai

Ada 3 narasumber dalam seminar nasional ini. Narasumber pertama adalah Dr. Endang Widyorini, M.S, Psikolog (Ahli Gifted), yang akan memaparkan “Kolaborasi Orang tua, Sekolah, Profesional, dan Masyarakat untuk Mendukung Nak Gited Menjadi Pribadi yang Tangguh”. Narasumber kedua Dr. Evy Tjahjono, MGE, Psikolog (Ahli Pendidikan Gifted) akan menyampaikan tentang “Pendampingan Masalah Psikologi Ananda Gifted usia SD-SMA”. Sementara narasumber ketiga Adi Adinugroho – Horstman, Ph.D (Ahli Pendidikan Khusus) akan membicarakan mengenai “Pendidikan yang Tepat bagi Ananda Gifted – Pendidikan Inklusi dan Sekolah Alternatif”.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler