fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dinas Ancang-ancang Lonjakan Pemudik di Liburan Nataru

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Natal dan Tahun Baru 2022 ini diperkirakan terjadi lonjakan pemudik baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Petugas gabungan sendiri mulai bersiap untuk menghadapi gelombang mudik akhir tahun.

Pengatur Lalu Lintas Terminal Dhaksinarga Selang, Aris mengungkapkan, diperkirakan memang ada akhir tahun ini akan terjadi lonjakan pemudik baik mereka yang masuk ke Gunungkidul maupun keluar dari Gunungkidul. Puncak mudik sendiri diperkirakan akan terjadi pada tanggal 24 Desember serta 2 Januari 2022 mendatang.

“Untuk keberangkatan dari terminal Dhaksinarga diperkirakan ada 1.000 sampai 1.200 penumpang,” papar Aris, Rabu (22/12/2021).

Ia menjelaskan, selain menggunakan kendaraan umum masyarakat Gunungkidul juga menggunakan kendaraan pribadi. Selain pantauan tersebut, dari petugas yang bersiaga akan melakukan screening, mulai dari persyaratan antigen dan vaksin. Mereka yang persyaratannya belum lengkap diminta untuk melengkapinya terlebih dahulu.

“Kalau untuk yang kedatangan Bus AKAP karena tidak masuk ke terminal maka kami tidak bisa melakukan perhitungannya,” jelas dia.

Untuk pendataan saat ini, untuk kedatangan ada 40 AKAP dengan jumlah penumpang masuk ke terminal sebanyak 15 orang, sedangkan untuk keberangkatan ada 40 unit kendaraan dengan jumlah penumpang sebanyak 330 orang.

“Untuk saat ini masih landai, namun H-1 diperkirakan akan ada lonjakan,” jelasnya.

Belum lama ini, Kepala Seksi Pengendalian Operasi, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan akan ada 103 armada bus yang akan turun di Dhaksinarga. Semuanya jenis AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Namun demikian pihaknya belum bisa mengetahui lebih lanjut kembali.

“Itu dari jadwal perjalanan yang diberikan seluruh PO yang beroperasi di Dhaksinarga,” kata Bayu.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler