fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dinas Siapkan Program Pelatihan dan Pendampingan untuk Bangkitkan UMKM Gunungkidul

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop-UKM) Gunungkidul terus berupaya untuk membangkitkan geliat perekonomian di tengah sulitnya ekonomi saat ini. Seperti salah satunya dengan memberikan pendampingan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Plt Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop-UKM) Gunungkidul Esti Rukmi Pratiwi mengatakan, selama pandemi ini, UMKM khususnya yang bergerak dibidang produksi kerajinan sangatlah terdampak. Pasalnya mereka merasakan penurunan pendapatan secara drastis.

“Untuk usaha yang terpuruk ini kami upayakan pendampingan agar mereka tetap berproduksi dan mendapatkan pemasukan,” kata Esti.

Ia menjelaskan, program pendampingan yang diberikan sendiri meliputi pelatihan produksi, peningkatan modal kerja, memperluas segmen pemasaran hingga memanfaatkan teknologi digital. Hal ini dilakukan agar produk mereka lebih dikenal luas.

Lebih lanjut dikatakan, tidak semua usaha terdampak pandemi covid-19. Ia mengambil contoh, sejumlah usaha yang bergerak disektor olahan makanan dan kuliner. Hampir semua usaha dibidang tersebut masih tetap berjalan dan bertahan meski hantaman pandemi.

“Makanan yang tetap laku di pasaran. Untuk pemilik usaha juga banyak yang memanfaatkan sistem pengantaran,” imbuh dia.

Pelaku UMKM Kapanewon Semanu, Suhadi mengakui penurunan terasa signifikan yang bahkan lebih dari 50 persen. Hasil produksi dari usahanya setiap beberapa bulan sekali dikirim ke sejumlah kawasan perbelanjaan di wilayah Jogja, namun akibat pandemi permintaan pasar mengalami penurunan yang signifikan.

“Ya pandemi ini berdampak luar biasa. Untuk tetap bertahan kita tetap produksi meski omzet yang kami terima tidak seperti biasa,” ujar Heri.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler