fbpx
Connect with us

Sosial

Dinkes Akan Rapid Tes Masal Pasca Banyaknya Kunjungan Wisatawan saat Libur Lebaran

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Kesehatan Gunungkidul berencana akan melakukan tracing di sejumlah lokasi destinasi wisata. Upaya ini sebagai langkah antisipasi ledakan virus corona pasca libur lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, pihaknya akan melakukan tracing dengan cara rapid tes. Rapid tes sendiri dilakukan di pesisir selatan lantaran lokasi tersebut paling banyak wisatawan datang.

“Sebagai antisipasi saja jangan sampai ada oleh-oleh berupa virus yang ditinggal wisatawan kepada para pegiat usaha pariwisata,” kata Dewi, Jumat (21/05/2021).

Dewi menjelaskan, rapid tes sendiri akan dilakukan pada pekan depan mulai pada hari Selasa 25 Mei. Adapun pantai yang disasar antara lain, Pantai Pok Tunggal, Pulangsawal, Sadranan, Krakal, Sundak, Kukup dan Baron.

“Kami fokuskan pekan depan untuk rapid tes sebagai antisipasi saja,” ungkap Dewi.

Untuk melakukan tracing ini, pihaknya akan bekerjasama dengan Pokdarwis dan juga Dinas Pariwisata. Tracing ini dilakukan sebagai skrining awal.

“Jika nanti hasilnya reaktif akan kami swab, saat ini memang belum terjadi herd immunity karena sasaran vaksin kami baru 10%,” jelasnya

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, sejak Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu terdapat 97.245 wisatawan yang berkunjung. Dinas Pariwisata sendiri sebelumnya hanya menargetkan 30ribu wisatawan yang berkunjung.

“Pendapatan Asli Daerah yang masuk ke Gunungkidul yakni Rp. 740.949.400,- total wisatawan memang jauh melebihi target,” ungkap Hary.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler