fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dua Kapanewon Dapat Penghargaan Gerakan Pembela Sungkawa

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Dua Kapanewon menerima penghargaan Gerakan Pembela Sungkawa (GPS). GPS sendiri merupakan inisiasi dadi Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil untuk meningkatkan ketertiban dalam administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gunungkidul, Markus Tri Munarja, mengatakan jika GPS sudah dimulai pada tahun 2021. Dijelaskannya, GPS bertujuan agar pelayanan administrasi kependudukan khususnya akta kematian segera diterbitkan. Pihaknya memberikan dua pernghargaan GPS ke Kapanewon Semin dan Kapanewon Tepus karena dinilai kinerjanya yang sangat baik.

“Ini sesuai dengan arah kebijakan Bupati yang mana menuju warga bermartabat tahun 2026, salah satu martabat ialah memiliki dokumen kependudukan yang benar,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gunungkidul, Markus Tri Munarja.

Berita Lainnya  Diklaim Hasilkan Data Lebih Akurat, BPS Akan Manfaatkan Gadget Warga Dalam Pendataan

Ditambahkannya, untuk menungkatkan layanan administrasi kependudukan pihaknya sudah menjalin perjanjian kerjasama di seluruh Kapanewon. Namun demikian, pihaknya masih memiliki banyak pekerjaan karena banyak Pemerintah Kalurahan yang belum menjalin perjanjian kerjasama terkait kepengurusan administrasi kependudukan.

“Sekarang baru 78 Kalurahan yang ada perjanjian kerjasama, yang lainnya belum,” ucapnya saat ditemui.

Menurutnya, untuk menghadirkan pelayanan kepengurusan administrasi penduduk di tingkat Kalurahan banyak kendala yang dihadapai. Ia mencontohkan belum meratanya sinyal internet di setiap Kalurahan yang dapat menghambat saat mengurus administrasi.

“Selain itu juga ketersediaan sumber daya manusia yang mungkin di beberapa Kalurahan belum ada. Tapi kita targetkan semua Kalurahan ada perjanjian kerjasama sehingga memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan,” terangnya.

Berita Lainnya  Awali Periode Kerja, DPRD Gunungkidul Janji Prioritaskan Program Penanganan Kekeringan

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengatakan penghargaan yang diberikan merupaka sebuah apresisasi atas kinerja yang sangat baik. Dirinya selalu menekankan kepada setiap instansi agar memberikan penghargaan ke pegawai yang bekerja sangat baik. Menurutnya, hal itu dapat memacu motivasi pegawai agar selalu bekerja dengan lebih baik.

“Dulu pernah bilang kalau ada anggota yang memiliki inovasi agar diberikan penghargaan,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler