fbpx
Connect with us

Pendidikan

Empat SMP Buka Penerimaan Siswa Jalur Olahraga, Jaring Atlet Bibit Unggul Gunungkidul

Diterbitkan

pada

Wonosari, (pidjar.com)–Guna menjaring potensi keolahragaan di Gunungkidul, sebanyak empat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah membuka jalur khusus olahraga. Nantinya, keempat sekolah ini juga akan menambah porsi pembelajaran pada bidang olahraga. Dengan pembinaan sejak tingkat sekolah ini diharapkan dapat menciptakan atlet-atlet berprestasi di Gunungkidul.

Sekretaris Dinas Pendidikan Gunungkidul, Winarno, mengatakan tahun ini terdapat empat SMP berbasis olahraga yang sudah dapat menerima siswa melalui jalur khusus olahraga. Adapun empat sekolah tersebut diantaranya SMP N 1 Playen, SMP N 1 Rongkop, SMP N 1 Saptosari, dan SMP N 1 Ngawen.

“Pengembangan ke depannya masih sama, menyiapkan bibit unggul bidang olahraga di Gunungkidul,” ucap Winarno, Minggu (26/06/2022).

Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan Gunungkidul, Tijan, mengungkapkan secara keseluruhan ada empat jalur yang disediakan oleh sekolah dalam penerimaan siswa baru. Sebanyak empat SMP diantaranya menambahkan satu jalur khusus olahraga untuk menerima siswa baru. Jalur khusus olahraga pun telah dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu. Menurutnya, antusiasme siswa yang mendaftar melalui jalur khusus olahraga cukup tinggi.

“Sudah aada empat SMP yang sudah menerima siswa melalui jalur khusus olahraga, untuk data pastinya berapa siswa yang mendaftar itu ada di masing-masing sekolah,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari data yang ia peroleh, secara keseluruhan daya tampung SMP di Gunungkidul pada ajaran baru tahun ini mencapai 10.612 kursi, sedangkan lulusan SD yang akan mengisi daya tampung tersebut sebanyak 8.507 siswa.

Berita Lainnya  Penurunan Level PPKM dan Kesiapan Sekolah Gunungkidul Menggelar Pembelajaran Tatap Muka

Ia menjelaskan, yang menjadi pembeda antara kelas olahraga dengan kelas reguler ialah adanya penambahan porsi bidang olahraga yang dilakukan melalui ekstrakurikuler di masing-masing sekolah. Menurutnya, disediakannya jalur khusus olahraga sendiri memang bertujuan untuk menciptakan atlet-atlet yang kompetitif di Gunungkidul.

“Mereka akan dibina dan dipersiapkan menjadi atlet yang nanti bisa mewakili Gunungkidul di bidang olahraga,” tutup Tijan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler