fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Bahan Alami Pereda Kolesterol

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Ada jenis kolesterol yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh yaitu yang sering disebut sebagai kolesterol baik yang akan bermanfaat bagi tubuh. Selain kolesterol baik ada juga kolesterol jahat yang bisa membahayakan tubuh. Nah, koleresterol inilah yang sering kamu dengar dari dokter. Jika kolesterol  jahat  ini menumpuk dalam tubuh kamu akan menyebabkan penyumbatan peredaran darah dan hal ini akan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya seperti stroke, hipertensi, jantung, ataupun komplikasi.  Berikut adalah 15 cara mengatasi kolesterol tinggi dengan bahan-bahan alami:

Alpukat

Alpukat selain sangat nikmat untuk dikonsumsi sebagai jus ataupun dicampurkan pada hidangan lainnya. Alpukat juga bisa menurunkan kolesterol tinggi, alpukat memiliki lemak yang berifat tidak jenuh dan juga pitoserol yang sangat ampuh menurunkan kolesterol  jahat dalam tubuh kamu. Nah, bagi kamu yang mempunyai kolesterol tinggi, harus banyak mengkonsumsi buah alpukat dengan membuatnya menjadi jus atau hidangan makanan apapun. Selain itu, alpukat juga sangat bermanfaat untuk membuat kamu merasa cepat kenyang, jadi buah alpukat sangat bagus untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

Minyak Zaitun

Minyak zaitunn terbilang sangat ampuh juga dalam mengatasi kolesterol tinggi. Minyak zaitun memiliki lemak tak jenuh dan nutrisi yang kaya antioksidan yang ampuh menurunkan koleterol jahat. Kamu bisa mengkonsumsi minyak zaitun 2 sendok makan per harinya dengan cara mencampurkannya dengan sayuran atau sebagai pengganti mentega untuk menumis makanan. Namun, perlu diingat jika minyak zaitun juga memiliki kalori yang tinggi maka dari itu, kamu harus menggunakannya sesuai takaran yang disarankan.

Ikan Salmon

Ikan salmon memang sangat banyak memiliki manfaat baik selain untuk meningkatkan kolesterol baik, salmon juga ampuh untuk mengatasi kolesterol tinggi. Dengan cara mengkonsumsi 2 porsi ikan salmon dalam seminggunya maka kolesterol jahat dalam tubuh akan mudah teratasi. Ikan salmon juga membantu menurunkan trigliserida dan mengandung omega 3. Selain kamu bisa mengonsumsi daging salmon kamu juga bisa menggambil manfaat dari minyak ikan salmon yang biasanya sudah bisa tersedia dalam bentuk kapsul. Namun kamu tetap harus melakukan konsultasi pada dokter sebelum memutuskan mengkonsumsi minyak ikan salmon.

Coklat Hitam

Coklat hitam juga terbilang ampuh dalam mengatasi kolesterol tinggi. Coklat hitam memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol  jahat dalam tubuh. Selain itu, coklat hitam mengandung antioksidan dan flavonoid, hal ini juga berpengaruh pada penurunan resiko stroke dan penyakit jantung. Bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi kamu bisa bisa mengkonsumsi  coklat hitam 1 hingga 2 potongan kecil coklat hitam per harinya.

Cuka Sari Apel

Selain bermanfaat untuk sejumlah penyakit tekanan darah tinggi, asam urat, dan infeksi pernafasan. Cuka sari apel juga bisa mengatasi kolesterol tingi dan menurunkan kadar  trigliserida. Kamu bisa mencampurkan sesendok cuka sari apel pada segelas air, kamu juga perlu mengkonsumsinya setiap harinya selama 2 bulan. Jika perlu kamu juga bisa menambahkan takaran cukanya menjadi 2 atau 3 sendok jika diperlukan namun kamu harus tetap memperhatikan takarannya.

Buah Delima

Buah delima juga bisa menjadi cara alami untuk menurunkan kolestrol tinggi dengan cara mengkonsumsi buah delima secara rutin. Buah delima memiliki kandungan antioksidan berjenis polifenal untuk menurunkan kolesterol jahat. Buah delima juga membantu memperlambat menumpukan kolesterol jahat dalam tubuh. Ada juga jus buah delima yang sudah dibentuk dalam kemasan. Namun, kamu harus pintar memilihnya karena buah delima murni akan lebih bermanfaat daripada jus buah delima yang mengandung banyak gula.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler