fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Masakan yang Biasa Disajikan saat Idul Adha

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Idhul Adha dinantikan karena ada momen bagi-bagi daging kurban. Jika memiliki stok daging yang cukup banyak, Anda bisa membuat berbagai makanan berbahan daging kambing atau sapi favorit keluarga lainnya yang tak kalah enak. Nah, berikut enam makanan favorit tersebut bisa Anda masak di rumah untuk disajikan di Hari Raya Idul Adha.  Selamat mencoba!

1. Gulai


Gulai menjadi salah satu makanan favorit saat Idul Adha. Gulai adalah makanan berbahan dasar daging sapi atau kambing yang kaya akan rempah-rempah seperti kunyit, lada, ketumbar, bawang merah dan putih, pala, serai, jinten, dan kayu manis yang dihaluskan. Selain itu, gulai juga dimasak dengan santan dan berwarna kuning hasil dari sari kunyit yang diolah.

2. Rendang


Masakan khas Sumatera Barat ini sering dijumpai di saat Hari Raya Idul Fitri. Namun, makanan terenak versi CNN ini ternyata juga populer saat Idul Adha. Rendang memiliki cita rasa yang gurih dan juga pedas. Siapa yang bisa menolak lezat dn aroma rempah dari daging sapi yang direndang berjam-jam?

Berita Lainnya  Tips Merawat Kulit Wajah Yang Berminyak

3. Tongseng

Tongseng hampir sama seperti gulai, berbahan dasar dari daging sapi atau kambing dengan kuah yang kaya akan rempah-rempah. Hanya saja, tongseng tak ditambahkan santan seperti gulai. Namun, kuah tongseng lebih kental dan dagingnya pun biasanya masih melekat dengan tulang seperti iga. Tongseng akan lebih nikmat jika ditambah dengan kol, tomat dan lada.

4. Sate

Sate bisa menjadi makanan alternatif jika Anda bosan dengan makanan berkuah santan. Anda bisa mengolah daging sapi dan kambing dari hasil kurban dengan memasak sate yang empuk. Membuat sate terbilang lebih mudah karena tak butuh bumbu yang rumit. Dagingnya sendiri tak perlu dibumbui saat ditusuk. Bumbu bisa ditambahkan ketika membuat saus kacang atau kecap pedas.

5. Krengseng Kambing


Masakan khas Jawa Timur ini memiliki aroma khas. Di beberapa daerah, krengsegan ini juga punya resep yang berbeda. Ada yang ditambahkan petis dan ada yang tak pakai petis. Kuahnya pun terbilang minim dibanding dengan gulai atau tongseng. Krengseng juga memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Ciri khasnya ialah berwarna kecokelatan yang dihasilkan dari kecap atau sari kurma. Jangan lupa untuk tambahkan nasi atau ketupat sebagai teman makan.

Berita Lainnya  Tips Memilih Riasan Untuk si Kulit Sawo Matang

6. Sop Kambing


Untuk membuat menu yang satu ini pun cukup mudah. Biasanya, sop kambing disajikan berdampingan dengan sate kambing. Sop kambing bisa dibuat dari berbagai bahan sisa yang tak dipakai ketika membuat sate. Dengan bumbu dasar sop seperti bawang putih, jahe, lada putih, garam, Anda bisa mengolah kaki kambing atau bahkan tulang dan sum sum kambing menjadi makanan yang lezat dan menghangatkan. Untuk kuahnya sendiri, Anda bisa membuat kuahnya sesuai selera Anda, mau yang berkuah santan, susu, atau pun bening. Tinggal tambah emping dan sop kambing bakal jadi makin mantap.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler