fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Buah Peningkat Daya Otak

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Daya ingat otak sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang kemampuan mengingatnya menurun akan mudah lupa dan kesulitan mengingat hal-hal yang kompleks. Jika Anda memiliki daya ingat yang kuat, Anda harus berlatih mengingat dan mengkonsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan otak. Penasaran buah apa sajakah yang masuk dalam daftar makanan untuk meningkatkan daya ingat? Yuk, temukan jawabannya di sini.

Alpukat

Buah yang mengandung lemak sehat ini diklaim sebagai buah yang dapat meningkatkan daya ingat. Kandungan lemak tak jenuh di dalam alpukat tidak menurunkan fungsi otak, justru kemampuan kognitif akan semakin meningkat jika seseorang rutin mengkonsumsi buah alpukat. Alpukat diperkaya dengan folat dan Vitamin K. Dua komponen ini akan memerangi faktor-faktor penyebab turunnya daya ingat seseorang. Jadi, tak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengkonsumsi alpukat. Masukkan alpukat dalam menu makanan Anda sehari-hari. Buah ini fleksibel dinikmati langsung, dicampur dengan bahan makanan lain, atau diolah menjadi jus segar.

Apel

Bagaimana cara Anda menikmati apel? Apakah Anda mengupas kulit buahnya terlebih dahulu? Bila Anda ingin meningkatkan fungsi otak, cobalah mengkonsumsi apel langsung bersama dengan kulitnya. Pasalnya, di dalam kulit apel terdapat quercetin dan antioksidan yang menurunkan risiko alzheimer. Jika Anda memilih apel merah untuk dikonsumsi, perlu Anda ketahui bahwa apel merah turut mengandung anthosianin, jenis antioksidan yang dapat memperkuat memori otak. Dengan mengkonsumsi satu buah apel merah setiap hari, percayalah daya ingat Anda akan semakin kuat meskipun usia terus bertambah.

Berita Lainnya  Lima Makanan Pereda Stress

Bit

Bit dikenal sebagai buah yang kaya antioksidan. Saking banyaknya antioksidan yang terdapat di dalam buah bit, maka tak salah jika buah ini sering dikonsumsi untuk mencegah kanker. Selain untuk mencegah kanker, ternyata bit juga sangat dianjurkan untuk memelihara kesehatan otak. Bit mengandung nitrat yang mampu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga otak dapat menjalankan fungsinya secara lebih baik, termasuk dalam mengingat berbagai hal. Kini, Anda bisa menikmati buah bit ini jika ingin meningkatkan daya ingat. Buat buah ini menjadi jus segar dengan menggunakan juicer.

Blueberry

Segala jenis buah-buahan beri termasuk dalam makanan yang bagus untuk kesehatan otak, tak terkecuali blueberry. Buah yang harganya cukup mahal ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan mengingat otak. Pemberian buah blueberry sejak masa kanak-kanak dapat membuat anak memiliki daya ingat yang sangat kuat. Sebuah studi yang pernah dilakukan di Tufts University di Amerika Serikat menunjukkan bahwa konsumsi buah blueberry dapat menunda kepikunan secara alami. Senyawa anthocyanin di dalam buah blueberry lah yang berkontribusi untuk menguatkan daya ingat manusia.

Berita Lainnya  Tujuh Herbal Rahasia untuk Ramuan Awet Muda

Tomat

Sudah menjadi rahasia umum jika tomat dikenal sebagai buah yang baik untuk kesehatan tubuh. Tomat memberikan manfaat bagi setiap organ tubuh manusia, termasuk otak. Dengan adanya kandungan likopen, jenis antioksidan terkuat di dalam tomat, buah ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Perlu Anda ketahui bahwa radikal bebas tidak hanya menyebabkan kanker, tapi juga menyebabkan demensia dan alzheimer. Radikal bebas dapat merusak sel-sel otak sehingga kemampuan mengingat seseorang jadi menurun. Bila tidak ingin disebut ‘pikun’, mulailah rutin mengkonsumsi buah-buahan tinggi likopen seperti tomat.

Blackcurrant

Pernah mengkonsumsi blackcurrant alias anggur hitam? Harga buah ini memang cenderung lebih mahal dibanding anggur biasa. Akan tetapi, balckcurrant memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan otak. Bahkan, buah ini diklaim dapat mengurangi stres dan kecemasan, lho. Usut punya usut, blackcurrant mengandung Vitamin C tinggi yang berkontribusi dalam meningkatkan ketangkasan mental. Tak hanya itu saja, konsumsi anggur hitam secara rutin dapat menurunkan risiko demensia dan alzheimer. Untuk menikmati blackcurrant, sangat disarankan untuk langsung memakannya dalam kondisi segar. Jika ingin diolah menjadi jus, gunakan juicer saja agar vitamin dan nutrisi di dalam buahnya tidak hilang seperti ketika kita mengolah buah dengan menggunakan blender.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler