fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam  Fakta Unik Tentang Buku

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Segudang bukti ilmiah telah membuktikan bahwa dengan membaca, kamu akan lebih bahagia dan lebih dapat berempati. Selain itu membuat kita pintar, membaca dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer. Mau tahu fakta unik tentang buku? Berikut enam fakta unik yang belum kamu tahu tentang buku dilansir dari literasinusantara.

Ada Sekitar 129 Juta Buku Tercetak Di Dunia

Mengacu pada data algoritma Google yang dikutip dari Mashable, buku yang telah dicetak di semua era modern ini adalah 129 juta buku, dengan jumlah terhitung persisnya 129.864.880 buah buku. Walau bagaimana pun, Google mengakui perhitungannya belum sempurna, tetapi mereka dapat memastikan bahwa buku-buku yang terhitung tersebut adalah yang tercantum dalam ISBN (International Standard Book Number).

Ada Istilah Untuk Orang Yang Menyukai Bau Buku Baru

Kamu suka mencium bau buku baru kamu? Ada sebutan untuk orang seperti kamu. Sebutannya adalah “bibliosma”. Seperti penghitungan karbon, para ilmuwan juga dapat mengetahui berapa usia sebuah buku melalui penelitian kimiawi buku, salah satunya dari aroma buku itu sendiri. Prosesnya sendiri bernama “material degradomics”.

Lalu, Istilah Untuk Orang Yang Suka Menyimpan Buku Tanpa Membacanya?

Suka beli buku baru dan suka baunya, tapi sama sekali tidak membacanya? Kamu adalah Tsundoku. Istilah ini berasal dari Jepang yang berarti membiarkan buku-buku teronggok di rumah tanpa pernah membacanya.

Berapa harga buku termahal di dunia?

Buku termahal di dunia dibanderol harga $30.8 juta. Jika dirupiahkan, maka sekitar Rp354 miliar. Buku itu adalah Codex Leicester yang ditulis oleh Leonardo da Vinci, yang berisi tentang koleksi karya ilmiahnya. Lalu siapa yang mampu membeli buku semahal itu? Bill Gates, salah satu orang paling kaya di dunia dan pernah menjadi orang terkaya di dunia. Tapi tenang, tidak butuh waktu lama sampai dia bisa mendapatkan kembali uangnya, kok. Lanjut fakta unik tentang buku yang berikutnya.

Pada Awal Hadirnya Buku, Tidak Ada Nama Penulis Di Covernya

Bagaimana bisa? Iya. Pada awal kemunculan buku, biasanya cover buku hanya dianggap sebagai bagian seni untuk menarik pelanggan (sampai sekarang bahkan). Jadi cover buku zaman dahulu dibuat dengan seni tinggi, dengan bahan kulit atau bahkan emas. Lalu, siapa pencetak buku pertama?

Johannes Gutenberg

Berawal dari profesinya sebagai seorang pandai logam, ia memperoleh ketenaran karena penemuannya di bidang teknologi percetakan tahun 1450-an. Orang Jerman ini menciptakan metode pengecoran potongan-potongan huruf di atas campuran logam yang terbuat dari timah. Potongan-potongan tersebut ditekankan ke atas halaman berteks untuk pencetakan. Buku pertama apa yang dicetak itu? Alkitab Gutenberg, yaitu bersi cetakan terjemahan kitab suci dalam bahasa Latin.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler