fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Jajanan Korea yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Mungkin snack dari Korea yang paling banyak dikenal adalah ddeokbokki dan odeng. Padahal masih ada puluhan jajanan asal Korea lainnya yang enak-enak. Untungnya, Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke Korea hanya untuk menikmati jajanannya. Karena, banyak jajajan Korea Selatan yang bisa dibuat sendiri oleh Anda. Rasanya pun rata-rata cocok dengan lidah orang Indonesia. Inilah enam jajanan Korea yang mudah dibuat sendiri di rumah.

Ddeokbokki

Jajanan Korea yang mudah dibuat sendiri di rumah adalah ddeokbokki atau tteokbokki. Lidah orang Indonesia pasti agak keserimpet membaca nama dari jajanan ini. Jadi, cara membaca makanan ini adalah toppoki. Ternyata cara pelafalannya lebih mudah dari tulisannya, ya? Memang, huruf Hangul Korea jika di-romaji-kan jadi terkesan sulit dibaca, padahal tidak juga. Tteokbokki mungkin Anda kenali dari drama atau acara televisi Korea yang pernah Anda tonton. Dan memang di negara asalnya, jajanan ini juga merupakan primadona-nya Korean street food.

Bungeoppang

Anda pasti sering sekali melihat jajanan manis yang satu ini, bungeoppang namanya. Kalau diterjemahkan, bungeoppang adalah roti berbentuk ikan yang berisi kacang merah manis. Kue khas asal Korea Selatan ini juga mulai merambah di pasar Indonesia. Tapi, bungeoppang yang dijual di mall-mall di negeri kita ini tidak berisi kacang merah, tapi es krim. Sebenarnya, alih-alih roti, adonan bungeoppang lebih mirip pancake atau wafel. Dan, tentu saja bungeoppang dengan filling kacang merah manis sangat mudah dibuat di rumah.

Berita Lainnya  Beberapa Hal Tentang Gunung Kidul Yang Jarang Diketahui

Sikhye

Jajanan Korea yang mudah dibuat selanjutnya adalah sikhye. Jajanan kali ini bukan berupa makanan, tapi minuman. Sikhye merupakan minuman khas tradisional Korea yang dibuat dari yeotkiereum (bubuk jelai/barley malt) dan juga beras. Rasa sikhye itu manis dengan aroma barley malt yang kuat.

Hotteok

Hotteok merupakan dessert asal Korea Selatan yang sangat populer. Saking terkenalnya, banyak penjual hotteok di Indonesia, baik skala kecil-kecilan hingga di kafe dan restoran. Hotteok adalah pancake manis Korea. Snack manis ini biasanya mudah ditemukan di daerah Insadong dan Myeondong. Tapi, Anda bisa juga membuatnya sendiri di rumah, kok.

Eomukguk

Anda pasti sudah tidak aneh dengan eomukguk. Di drama-drama Korea makanan ini sering banget eksis, kan? Eomukguk adalah sup fish cake. Cara membuatnya sangat mudah. Anda bisa membeli eomuk (fish cake) beku, biasanya dalam satu paket sudah ada bumbu untuk kuah supnya. Atau, kalau Anda ingin membuat semuanya sendiri.

Berita Lainnya  Cinta Bersemi di Usia Senja, Kakek 88 Tahun Resmi Nikahi Nenek Berusia 75 Tahun

Mayak Gimbap

Anda pasti tahu kalau Korea Selatan punya versi sushi-nya sendiri. Jika sushi Jepang menggunakan ikan dan seafood lainnya, maka “sushi” Korea menggunakan sayur-sayuran, telur, acar, dan daging. Sushi ala Korea ini dinamakan gimbap/kimbap. Sejatinya, gimbap memiliki ukuran yang jumbo. Tapi, untuk snack, ada loh gimbap yang ukurannya mini. Namanya adalah mayak gimbap. Bahan-bahan yang dibutuhkan sama saja seperti saat akan memasak gimbap. Adalah nasi, sesame oil, garam, bayam, wortel, nori (rumput laut), danmuji (yellow pickled radish), telur dadar/daging ham/bulgogi (tambahkan sesuai selera).

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler