fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Kesalahan dalam Memasak Sayur

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Sayur merupakan hal yang sangat penting bagi Ladies supaya kebutuhan nutrisi dan serat selalu terpenuhi. Rutin mengkonsumsi sayur membuat pencernaan lancar, buang air besar pun mudah, serta kulit jadi makin glowing! Namun, seringkali banyak dari Ladies yang melakukan kesalahan saat memasak sayur sehingga nutrisinya jadi hilang. Berikut  enam kesalahan dalam memasak sayur yang menghilangkan nutrisi dilansir dari berbagai sumber.

Sangat Lama Merebus Sayur

Saat sedang memasak, cobalah untuk tidak merebus sayur terlalu lama. Sayuran yang direbus terlalu matang justru akan membuang nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. So, rebus sewajarnya saja. Bisa juga dengan mencoba trik panas dingin dalam merebus. Trik ini dilakukan dengan cara mengukus sayuran sampai matang, kemudian memasukkannya ke dalam air es supaya proses pematangannya terhenti. Nah, setelah itu, angkat sayuran kembali dan taruh di dalam wajah untuk dihangatkan selama beberapa detik.

Memotong Sayur Dengan Ukuran Yang Berbeda

Banyak banget nih yang masih suka-suka memotong sayur. Potongan sayur yang baik adalah ketika ukurannya bisa sama rata. Sayuran tertentu semacam wortel, jamur dan kentang perlu banget dipotong dengan ukuran yang sama. Tujuannya supaya sayur matang secara merata.

Tidak Mencuci Sayur Sebelum Dimasak

Sesegar apapun keadaan sayur yang baru Ladies beli dari supermarket, tetaplah penting untuk mencucinya sebelum dimasak. Jika tidak dicuci, kandungan bahan kimia yang masuk dalam tubuh bisa menyebabkan diare dan mual. So, sebisa mungkin pastikan sayuran bersih sebelum diolah, ya.

Memanggang Sayuran

Memanggang  merupakan  salah  satu  cara  memasak  yang  sehat  karena  Anda  tidak  perlu menggunakan minyak atau saus lain. Tapi, pengunaan panas yang tinggi akan menyerap seluruh kandungan nutrisi dalam sayur.  Dan yang lebih buruk, jika Anda memanggang sayuran hingga gosong karena justru menyebabkan produksi karsinogen. Untuk menghindari hal ini, jangan panggang sayuran Anda hingga gosong. Sebagai gantinya gunakan panggangan berbahan dasar stainless. Kadang, suhu yang digunakan untuk memanggang sayur tidak sesuai dengan anjuran. Misalkan saja, saat memasak sayur, sebenarnya diperlukan panas 400 derajat fahrenheit. Kalau kurang dari suhu tersebut, sayuran tidak akan termasak secara sempurna.

Mengunakan Segala Jenis Minyak

Menumis adalah salah satu cara yang baik untuk menjaga kadar nutrisi dalam sayuran, tapi perhatikan juga jenis minyak yang dipakai. Lemak tak jenuh dalam minyak tertentu seperti minyak canola dan minyak biji bunga matahari bisa teroksidasi dalam pemanasan tinggi dan berubah menjadi racun.

Mengupas Sebelum Dimasak

Mengupas  sayuran  berarti Anda sudah membuang kandungan nutrisi berharga yang terdapat dalam sayur. Kulit pada sayuran mengandung  vitamin, mineral, dan beberapa elemen lain yang tidak ditemukan pada bagian dagingnya.  Sebaiknya cukup cuci bersih kulit sayuran di bawah air mengalir.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler