fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Ampas Kelapa

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Ampas kelapa bermanfaat untuk banyak hal yang tidak diduga baik untuk kesehatan, kecantikan bahkan pakan ternak. Ampas yang terlihat sudah tidak bisa diambil manfaatnya ini ternyata masih berguna. Setelah mengetahui manfaat ampas kelapa berikut ini, mulai sekarang jangan langsung buang ampas kelapa ya. Kira-kira apa saja manfaat ampas kelapa yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari ya? Simak ulasannya berikut ini yuk!

Dapat Menjadi Scrub untuk Wajah

Rutinitas scrub pada wajah diperlukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit muka. Hasilnya, dengan kesabaran dan intensitas yang rutin, wajah kamu akan tampak lebih sehat dan bersih. Bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk scrub juga sudah banyak diketahui. Tetapi, tahukah kamu bahwa ampas kelapa juga bisa dipakai untuk hal tersebut? Ampas kelapa yang bertekstur serta kandungan alaminya, dipercaya punya kekuatan untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah. Untuk menggunakannya pun cukup mudah yaitu kamu hanya perlu menggosokkan ampas kelapa pada wajah selama beberapa menit.Gosok dengan tidak terlalu keras agar tidak iritasi. Setelah melakukan scrub, kamu hanya perlu membilasnya dengan air bersih. Agar hasilnya maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin.Selain sebagai scrub, ampas kelapa juga bisa dipakai sebagai masker alami. Menggunakan masker dari ampas kelapa secara teratur dapat bantu mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Bantu Menurunkan Berat Badan

Tidak banyak yang tahu bahwa ampas kelapa ternyata bisa diubah menjadi tepung. Jangan khawatir dengan kandungan nutrisinya, sebab meski ampas ternyata ia tinggi dengan protein, rendah lemak, bebas gluten serta mengandung karbohidrat. Dengan nutrisi-nutrisi tersebut, tepung dari ampas kelapa yang diolah secara tepat dapat membantu menurunkan berat badan berlebih. Ampas kelapa juga bisa dimanfaatkan guna mengendalikan kegemukan, konstipasi, mencegah sembelit serta meningkatkan kandungan mineral pada tubuh. Bukan hanya itu, bermodal zat-zat penting di atas, ampas kelapa yang diolah menjadi tepung juga bisa digunakan untuk bantu mengendalikan diabetes, serangan jantung, kanker usus besar, dan stroke. Pasti tidak menduga sebelumnya, kan?

Melembapkan Rambut Kering

Rambut kering merupakan masalah bagi sebagian orang. Rambut yang mudah patah dan kusam tentu saja sangat mengganggu penampilan. Apalagi kita tahu bahwa rambut adalah mahkota bagi wanita. Jika kamu mengalami masalah rambut kering dan ingin mencoba treatment alami, tidak ada salahnya untuk menggunakan ampas kelapa. Meski sudah termasuk bekas, ampas kelapa masih mengandung minyak yang dapat diandalkan untuk melembapkan rambut. Caranya kamu hanya perlu mengaplikasikannya pada rambut, seperti sedang keramas. Lalu diamkan selama kurang lebih setengah jam. Terakhir, bilas hingga bersih.

Diolah Menjadi Aneka Hidangan Lezat

Dengan kreativitas, ampas kelapa bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat. Untuk diolah menjadi makanan, ada baiknya ampas yang digunakan adalah yang melalui satu kali proses pemerasan. Sehingga, sari-sari santan masih ada dan tidak terlalu kering. Jenis hidangan yang bisa kamu buat menggunakan ampas kelapa sangat beragam. Kamu juga bisa membuat kue, opor menggunakan ampas, kolak, telur dadar dicampur ampas kelapa atau serundeng. Rasanya? Pasti tidak kalah lezat.

Mengilapkan Lantai

Manfaat ampas kelapa yang satu ini bisa jadi yang paling tidak terduga. Bagaimana bisa dapat membuat lantai menjadi mengkilap? Kenyataannya ampas kelapa bisa membuat lantai terlihat lebih bersih dan kinclong.

Gunakan untuk Pakan Hewan

Memelihara hewan ternak seperti ayam, sapi, kambing, ikan atau babi? Kalau begitu, kamu bisa menggunakan ampas kelapa sebagai pakan mereka. Dengan memberi ampas kelapa pada hewan-hewan ternak tersebut, mereka dapat tumbuh dengan cepat dan besar. Gunakan ampas kelapa yang sudah difermentasikan hingga 12 % agar hasil ternak lebih memuaskan. Terutama pada ikan nila. Pasalnya, penambahan ampas kelapa pada pakan ikan dapat berpengaruh terhadap kandungan kadar protein ikan sebanyak 25%. Luar biasa!

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler