fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Daun Pandan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Memiliki aroma yang khas, daun pandan juga kerap digunakan agar makanan atau minuman memiliki aroma yang alami. Dengan kandungan tannin, glikosida, dan alkaloid, daun pandan ternyata dapat bermanfaat bagi tubuh, berikut ini berbagai manfaat daun pandan:

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat daun pandan yang pertama adalah kemampuannya menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak daun pandan mampu menurunkan kadar gula darah postprandial. Tak hanya itu, ekstrak daun pandan juga mampu meningkatkan produksi insulin pada sel pankreas. Hal ini tentu akan mencegah datangnya diabetes. Menurut sebuah penelitian di Thailand yang diterbitkan oleh Pharmacognosy Magazine, teh/ekstrak pandan membantu seseorang menurunkan kadar gula dalam darahnya. Hal ini telah terbukti bahwa glukosa plasma dari orang yang diteliti telah menurun secara signifikan selama periode penelitian.

Meningkatkan Nafsu Makan

Meningkatkan nafsu makan juga menjadi salah satu khasiat dan pandan. Dengan menambahkan aroma pandan pada makanan, hal itu dapat merangsang nafsu makan dan rasa lapar Anda. Pada akhirnya, daun pandan juga memiliki khasiat khusus yang dapat meningkatkan nafsu makan. Guna mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda bisa memasukkan daun pandan ke dalam makanan sehari-hari. Jika Anda memiliki masalah nafsu makan yang serius, Anda dapat merebus daun pandan dan minum ramuan itu dua kali sehari.

Berita Lainnya  Mengenal Penyakit Mata Ikan Pada Tangan dan Pengobatannya

Menetralisir Racun Di Dalam Tubuh

Manfaat daun pandan adalah bisa mengatasi keracunan. Caranya, Anda bisa membuat teh yang dibuat dari dari daun pandan sebagai pertolongan pertama. Kandungan daun pandan dipercaya mampu mendetoksifikasi racun yang ada pada tubuh, khususnya pada organ hati. Hal ini membantu mengeluarkan racun dan zat tidak sehat dari hati dan tubuh Anda. Tak hanya itu, manfaat daun pandan lainnya juga bisa dijadikan pencahar ringan yang aman untuk dikonsumsi anak-anak yang mengalami sembelit.

Menjaga Kondisi Saraf

Percaya atau tidak, manfaat daun pandan lainnya yang bisa didapatkan adalah sebagai obat saraf. Minum air rebusan daun pandan bisa mengobati beberapa masalah saraf yaitu dengan meminumnya 2 kali sehari. Rebus 3 daun pandan dengan 3 gelas air, kemudian masak hingga tersisa kurang lebih 2 gelas.

Berita Lainnya  Mengenal Beberapa Jenis Olahan Jahe

Mengatasi Nyeri

Sifat analgetik pada daun pandan bisa mengatasi rasa nyeri pada kepala, dada, kram perut, atau yang disebabkan oleh arthritis. Untuk mengatasi rasa nyeri pada bagian tubuh tersebut, Anda hanya perlu mengonsumsi teh daun pandan dua kali dalam sehari.

Mengatasi Rematik

Manfaat daun pandan yang tidak disangka adalah kemampuannya mengatasi rematik. Bagaimana cara penggunaan daun pandan untuk rematik? Caranya, rebus daun pandan setelah itu air rebusannya bisa digunakan sebagai minyak gosok bersama dengan minyak kelapa di area tubuh yang terkena rematik. Bagian tubuh yang sering terkena rematik adalah lutut, kaki dan pergelangan tangan.

Mengatasi Masalah Rambut Rontok Dan Ketombe

Daun pandan yang ditumbuk dengan halus dan dicampur dengan air bisa dijadikan masker rambut yang dioleskan pada rambut dan kulit kepala. Rutin menggunakannya sebagai masker rambut, maka masalah rambut seperti kerontokan dan ketombe bisa hilang.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler