fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Mandi Dengan Air Garam

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Setelah seharian melakukan berbagai aktivitas di luar rumah, tubuh menjadi kotor karena terpapar debu dan polusi maupun polutan lain. Setelah itu perlu membersihkan tubuh dengan tujuan agar menjadi segar dan bersih kembali. Nah, kamu dapat mencoba mandi dengan air yang sudah dicampur dengan garam karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Manfaat mandi dengan air garam bisa didapatkan karena adanya kandungan mineral pada garam seperti kalsium, potasium, silikon, sodium, dan lain sebagainya. Di mana mineral tersebut merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh kulit dan tubuh. Nah, dilansir dari seharqu, berikut enam manfaat mandi dengan air garam.

Mengobati Rematik

Menurut tinjauan sistematis yang diterbitkan dalam jurnal Seminars in Arthritis and Rheumatism, mandi garam laut terbukti bermanfaat dalam mengobati penyakit rematik, termasuk artritis reumatoid, radang sendi psoriatis, spondilitis ankilosa, dan osteoartritis lutut.

Mendetoks Tubuh

Mandi detoks umumnya terbuat dari garam Epsom atau garam inggris. Mineral dalam mandi detoks dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh untuk meningkatkan kesehatan, menghilangkan stres, mengatasi sembelit, dan membantu penurunan berat badan. Penyerapan magnesium adalah manfaat penting lainnya dari mandi detoks garam Epsom. Sebuah studi tahun 2004 terhadap 19 peserta menemukan bahwa 17 dari mereka mengalami peningkatan kadar magnesium dan sulfat dalam darah setelah mandi garam Epsom.

Meredakan Nyeri Otot

Mandi dengan air garam dapat membantu meredakan nyeri otot dengan mengendurkan otot yang tegang dan mengurangi peradangan. Gunakan 2 cangkir garam Epsom atau garam inggris untuk bak mandi air hangat ukuran standar. Tuang garam Epsom ke dalam air mengalir untuk membantunya larut lebih cepat. Mengaduk air dengan tangan akan membantu melarutkan butiran yang tersisa. Kemudian rendam tubuh setidaknya selama 12 menit. Menambahkan beberapa tetes minyak esensial kulit kayu manis yang diencerkan juga dapat membantu meredakan nyeri otot. Minyak kayu manis memiliki efek menghangatkan pada kulit yang beberapa orang dapat meredakan nyeri otot. Sebuah studi tahun 2017 juga menemukan itu sebagai agen anti-inflamasi yang menjanjikan.

Meredakan Iritasi Kulit

Mandi dengan air garam dapat digunakan untuk meredakan peradangan dan iritasi kulit yang disebabkan oleh eksim, psoriasis, dermatitis kontak, dan kutu air. National Eczema Association merekomendasikan untuk menambahkan 1 cangkir garam meja ke dalam bak mandi. Kamu juga dapat menggunakan garam Epsom atau garam laut untuk mengatasi iritasi dan peradangan kulit.

Mengatasi Insomnia

Kandungan magnesium yang terdapat dalam garam Inggris dipercaya dapat merangsang seseorang untuk segera tidur. Hal ini karena magnesium dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang menimbulkan rasa kantuk, yaitu melatonin. Di samping itu, magnesium dalam garam Epsom juga dapat membantu mengurangi stres, sehingga dapat membuat seseorang jadi lebih relaks dan mudah tertidur. Beberapa orang mengklaim bahwa mandi garam Epsom dapat membalikkan masalah ini dengan membiarkan tubuh akan menyerap magnesium melalui kulit.

Membangun Kekebalan Tubuh

Rutin memanjakan diri dengan mandi garam laut, berarti kita mengekspos diri kita untuk menyerap mineral ke dalam tubuh yang akan meningkatkan ketahanan tubuh. Mirip dengan efek latihan fisik, mandi air garam hangat juga ditemukan memicu respons anti-inflamasi yang penting untuk meningkatkan kemampuan tubuh kita dalam menangkal dan melawan penyakit.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler