fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Tanaman Lumut Bagi Manusia dan Tanaman

Diterbitkan

pada

Jogja,(pidjar.com)–Lumut adalah tanaman yang kecil, berwarna hijau, dan memiliki tekstur yang kuat. Sama seperti semua tanaman lain, ia membutuhkan nutrisi dari air dan cahaya. Pertumbuhan lumut terbilang cukup lambat. Tak heran jika ia suka tumbuh di daerah yang lembap. Lumut adalah tanaman tanpa biji, tanpa bunga, dan tanpa akar yang hanya memiliki daun, batang dan filamen berserabut yang dikenal sebagai rizoid. Mengutip Frontiers in Plant Science, filamen berserat inilah yang membantu ia suka menempel pada batu dan pohon. Ada beragam manfaat lumut untuk tumbuhan di sekitarnya. Dengan kandungan nutrisi di dalamnya, tentu manfaat lumut ada untuk kesehatan. Berikut manfaat lumut bagi manusia dan tanaman hidup, antara lain.

Melancarkan Pencernaan

Lumut laut aman untuk dikonsumsi menjadi olahan makanan. Penelitian yang dilakukan oleh University of Adelaide menemukan bahwa lumut memiliki polisakarida, turunan karbohidrat kompleks yang membantu membersihkan usus. Ini menjadi salah manfaat lumut untuk kesehatan yang pertama. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaatnya bagi pencernaan manusia.

Berita Lainnya  Museum Patah Hati, Museum yang Menyimpan Prasasti untuk Mantan

Pengental Makanan

Lumut laut adalah jenis lumut yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Nah, manfaat lumut bagi manusia ini yakni sumber alami untuk pengental makanan yang disebut karagenan. Ini bisa menjadi racikan bumbu masakan yang bagus untuk sup, semur, atau makanan lain yang perlu dikentalkan. Dapat dengan mudah ditemukan di bumbu racikan instan seperti lumut kering atau suplemen makanan. Umumnya, suplemen lumut mengandung beberapa kombinasi lainnya.

Baik untuk Sirkulasi Udara

Manfaat lumut daun juga baik untuk lingkungan sekitar, lho! Mengutip Arizona State University, lumut dapat menghilangkan sejumlah karbon dioksida dari udara untuk membuatnya bersih dan lebih sehat untuk dihirup. Tak heran jika saat ini banyak orang menanam lumut di perkarangan rumah. Tanaman ini bisa hidup sendiri tanpa perawatan khusus. Hanya mengandalkan suhu yang lembap untuk hidup dengan subur. Bahkan, lumut dapat tumbuh pada permukaan pH tanah yang rendah.

Berita Lainnya  Ingin Rumah Tahan Gempa? Begini Syarat-syaratnya

Mengurangi Pertumbuhan Rumput

Lumut juga merupakan tanaman yang disukai banyak orang karena bisa ‘menghilangkan’ rumput liar di sekitarnya, lho! Ini merupakan kabar baik bagi pemilik rumah yang enggan memanjangkan rumput di halaman rumahnya. Jika Moms menanam lumput di daerah pH rendah, ia akan mengurangi pertumbuhan rumput dan jenis tanaman serupa lainnya. Manfaat lumut daun ini juga dapat menyerap racun dan mineral berbahaya dari tanah.

Pengobatan Luka

Tahukah, ternyata manfaat lumut daun juga dipakai saat masa perang dunia. Ia menjadi antibiotik pertama untuk mengobati luka dan menghentikan pendarahan. Pada zaman dulu, lumut dipakai untuk pengobatan tentara yang terluka. Ini merupakan terobosan baru yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif masa kini!

Berita Lainnya  Enam Tanaman Sebagai Pengusir Tikus

Mengurangi Tingkat Stres pada Tanaman

Tidak hanya manusia saja yang bisa mengalami stres, tanaman pun seperti itu! Manfaat lumut daun yakni dapat membantu memperbaiki tanaman yang telah layu atau ‘stres’. Mengutip dalam Science Direct, Physcomitrella patens adalah jenis lumut eksperimental yang paling umum digunakan untuk mengatur tekanan air. Ia umumnya ditemukan di tepi danau dan sungai beriklim sedang. Lumut ini dapat mengisi tekanan air pada tanaman yang telah kering atau stres. Sehingga bisa jadi suplemen khusus untuk tanaman yang lebih subur, lho!

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler