fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Berbisnis Tanaman Hias

Diterbitkan

pada

Jogja,(pidjar.com)–Kegiatan bercocok tanam mulai dilirik untuk dijadikan unit usaha mandiri. Hal ini terlihat dari peningkatan penjualan jenis-jenis tanaman hias hingga aneka pendampingnya. Mulai dari pot, pupuk, hingga bibit. Bisnis tanaman hias dapat dirintis meski dengan modal kecil. Namun, bisnis ini tidak bisa dijalankan dengan sembarangan. Perlu pengetahuan dan keterampilan yang cukup berkenaan dengan tanaman hias itu sendiri. Tak ada salahnya memulai bisnis ini, agar kamu mendapat hasil yang maksimal dan menguntungkan, berikut lansiran dari popbela.

Miliki Pengetahuan Akan Tanaman Hias

Untuk memulai bisnis tanaman hias, diperlukan pengetahuan yang mumpuni beserta keterampilannya. Nggak mungkin saat pembeli tanya tentang tanaman hias mana yang populer atau cara merawatnya namun kamu sebagai penjual tak bisa menjawabnya. Nah, untuk itu kamu harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang tanaman itu sendiri baik seluk beluknya, jenisnya, cara perawatan, hingga harga jualnya. Harga tanaman hias di pasaran sangat bervariasi tergantung pada keindahan, kesuburan dan pertumbuhannya. Beberapa jenis bisa berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk pemula dalam bisnis ini, kamu disarankan untuk menyediakan tanaman hias yang harganya relatif terjangkau.

Berita Lainnya  Delapan Mainan yang Seru untuk Balita di Rumah

Pemilihan Jenis Tanaman Hias

Memilih jenis tanaman hias yang tepat akan membuat bisnis Anda selalu untung. Tanaman hias memiliki banyak jenis yang bisa menguntungkan, mulai dari bunga hingga yang terfokus pada dedaunan. Jika kamu memilih fokus pada bunga, maka pilihlah bunga yang memiliki daya jual stabil dan tidak hanya musiman semata. Pertimbangkan pula biaya perawatannya. Jika terasa berat mengelola beberapa jenis bunga sekaligus, kamu bisa memulainya dengan satu atau dua jenis saja. Setelah terlihat perkembangan yang cukup bagus, baru kamu mulai tambah jenisnya.

Jangan Lupakan Media Tanam

Media tanam adalah hal utama dalam bisnis ini. Diperlukan media tanam yang berkualitas untuk menjaga tanaman tetap subur dan segar. Pahami seberapa besar kebutuhan akan media tanam, efisiensi dan efektifitasnya. Jika kamu sudah mampu membuat media tanam sendiri, akan jauh lebih bagus dan dapat meminimailkan biaya dalam persiapan bisnis tanaman hias.

Berita Lainnya  Enam Penanda Krim Pemutih yang Tidak Disarankan

Lokasi Yang Strategis

Lokasi juga menentukan keberhasilan bisnis Anda. Pilihlah lokasi yang potensial, yaitu yang ramai atau mudah dijangkau. Jika tidak tersedia maka kamu bisa manfaatkan tempat yang ada atau mengoptimalkan jalur online. Kamu juga harus mempertimbangkan luas area yang akan dimanfaatkan, karena bisnis tanaman hias pastinya akan memakan tempat yang cukup luas. Perhatikan pula kesesuaian suhu terhadap tanaman hias yang kamu jual agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik dan berkualitas.

Promosi Dan Pemasaran

Setiap bisnis tak akan maju atau berkembang serta mendapat untung jika tidak dipromosikan dan dipasarkan. Kamu bisa mengenalkan bisnis Anda mula-mula pada keluarga dan teman terdekat. Penggunaan media sosial juga menjadi cara efektif dalam mempromosikan bisnis tanaman hias.

Berita Lainnya  Bola Tahu Rambutan

Packaging Menarik

Buat promosi semenarik mungkin seperti visualisasi tanaman hias dengan pot yang cantik dan penempatan produk yang rapi serta estetis. Dapat pula berupa packaging yang menarik atau minimalis dan pastinya aman untuk tanamanmu. Buatlah strategi pemasaran yang up to date atau paling efektif saat ini.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler