fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Enam Tips Mengatasi Nyeri Sendi

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)– kini tidak hanya dikaitkan dengan usia. Gangguan kesehatan ini bisa menyerang usia muda produktif, biasanya terjadi karena aktivitas yang terlampau berat untuk tubuh. Untuk golongan lanjut usia sendiri, nyeri pada persendian terjadi karena tubuh melambat dalam menciptakan sel baru. Inilah mengapa lansia rentan mengalaminya.

Gangguan kesehatan lain seperti keseleo, asam urat, bursitis, rheumatoid arthritis, dan osteoarthritis bisa menjadi pemicu lain dari munculnya nyeri sendi. Kebanyakan dari kasus ini bisa ditangani dengan konsumsi obat tertentu. Ternyata nyeri pada sendi bisa sembuh dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah, seperti berikut ini.

Kayu Putih

Tanaman satu ini diambil minyaknya untuk dimanfaatkan sebagai obat dengan berbagai macam fungsi. Tidak hanya untuk mengatasi gagal karena gigitan serangga dan menghangatkan tubuh, minyak kayu putih juga baik untuk mengobati nyeri sendi. Kandungan tanin pada daun tanaman ini dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi pada sendi.

Berita Lainnya  Enam Puluh Persen Jalanan di Gunungkidul Dalam Kondisi Rusak

Teh Hijau

Tidak hanya baik untuk kesehatan dan metabolisme tubuh, teh hijau bermanfaat sebagai obat untuk atasi nyeri sendi. Obat ini hadir dalam bentuk herbal dengan racikan lainnya yang membantu meringankan rasa nyeri dan peradangan pada sendi. Minumlah sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Lidah Buaya

Nyeri sendi juga bisa diatasi dengan lidah buaya. Ya, tanaman satu ini sudah terbukti khasiatnya untuk kecantikan kulit dan rambut. Cara penggunaannya terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mendinginkan gel lidah buaya. Lalu, oleskan pada area sendi yang terasa sakit. Diamkan selama beberapa saat atau hingga rasa nyeri berkurang.

Jahe

Jahe biasanya kamu pilih ketika ingin menghangatkan tubuh dan menyembuhkan batuk. Nah, jika kamu mengalami nyeri sendi, kamu bisa menggunakan rempah satu ini untuk meringankan rasa sakitnya. Kandungan dalam jahe dapat membantu meredakan peradangan karena memiliki sifat antiinflamasi.

Berita Lainnya  Dua Pegawainya Terlibat Kasus Pencabulan, Kemenag Gunungkidul Akan Lakukan Evaluasi Mendalam

Air Garam

Garam lebih dikenal sebagai penyedap rasa alami. Namun, coba campurkan garam dengan air hangat, karena campuran ini bisa membantu meringankan nyeri sendi yang kamu alami. Kamu hanya perlu menyiapkan satu baskom air hangat yang dicampurkan dengan garam. Lalu, celupkan area tubuh yang terasa nyeri atau gunakan handuk atau waslap untuk mengompresnya.

Bubuk Kunyit

Obat nyeri sendi alami terakhir adalah bubuk kunyit. Bahan yang terkenal sebagai penyedap rasa pada kari ini mampu menghilangkan nyeri sendi, setidaknya begitulah yang dinyatakan oleh National Center for Complementary and Alternative Medicine. Namun, pengambilan bubuk ini harus dilakukan dengan tepat, agar manfaat yang diberikan pun bisa maksimal.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler