fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Menghilangkan Noda Luntur Pada Pakaian

Diterbitkan

pada

Jogja,(pidjar.com)–Anda tidak perlu langsung kecewa atau membuang pakaian karena perkara luntur tersebut karena ada cara menghilangkan noda luntur pada pakaian yang anti ribet. Bukan cuma karena sayang kalau pakaian yang terkena noda luntur tersebut langsung di buang, tapi juga limbah pakaian di Indonesia sudah cukup mengkhawatirkan sehingga lebih baik Anda menerapkan cara menghilangkan noda luntur untuk mengatasinya. Yuk, simak penjelasannya dilansir dari dekoruma berikut ini!

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Pakaian Gym

Siapa, nih yang sering sedih melihat pakaian gym favorit luntur di sana sini akibat terkena keringat? Ini lumrah terjadi karena proses keringat dan panas saat berolahraga. Buat Anda yang mengalaminya, Anda harus tahu cara menghilangkan noda luntur pada pakaian gym yang tepat. Pertama-tama, rendam pakaian di air yang sudah dicampur dengan cairan penghilang noda, lalu bersihkan menggunakan sikat yang berbulu lembut. Selanjutnya, cuci dengan mesin cuci dan tambahkan deterjen serta cairan penghilang noda untuk kedua kalinya. Cara menghilangkan noda luntur ini terutama efektif untuk pakaian gym dari bahan katun.

Berita Lainnya  Resep Brokoli Jamur Kuping

Cara Menghilangkan Noda Luntur dari Pakaian Lain

Jika noda luntur berasal dari warna pakaian lain, maka cara menghilangkan noda luntur berikut boleh dicoba. Gunakanlah cuka dan tuang di bagian yang terkena noda luntur, lalu sikat perlahan menggunakan sikat gigi bekas. Setelah itu, tambahkan sedikit baking soda sambil dicampur dengan deterjen. Sikatlah pakaian dan tambahkan air sedikit demi sedikit. Kemudian, rendam pakaian semalaman dengan cairan penghilang noda. Keesokan harinya, cuci dan bilas seperti biasa.

Setelah selesai dibilas, jemurlah pakaian tersebut. Satu hal yang penting, tapi kerap disepelekan adalah cara menjemur pakaiannya. Usahakanlah Anda menggantung pakaian secara rapi dan melebarkan bagian-bagian kainnya yang kusut agar pakaian tidak rusak dan noda luntur dapat hilang menyeluruh.

Perhatikan juga jarak antar baju, jangan sampai terlalu berdekatan agar dapat kering sempurna. Kalau tidak mau ribet memisahkannya, Anda bisa menggunakan tempat jemuran yang sudah dilengkapi pengait berjarak untuk gantungan pakaian, seperti Liveo Wall Drying Hangers LV-399. Modelnya pun space-saving alias hemat tempat karena pemasangannya ditempelkan pada dinding dan bisa dilipat saat tidak digunakan.

Berita Lainnya  Enam Mitos Tentang Batuk

Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Bahan Kain Putih

Sebelum menerapkan cara menghilangkan noda luntur yang satu ini, pastikan dulu tidak ada larangan untuk menggunakan cairan pemutih pada pakaian. Cara menghilangkan noda luntur ini bisa dicoba pada baju kaus, kaus kaki, dan berbagai kain berwarna putih jika memang tidak ada larangan yang Kania sebutkan sebelumnya. Rendamlah pakaian yang luntur ke dalam air berisi cairan pemutih selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dan ulangi hingga noda luntur pada pakaian putih sudah bersih. Cara menghilangkan noda luntur ini bisa juga diterapkan pada pakaian berwarna netral, tetapi pastikan coba dulu pada bagian kain yang tersembunyi untuk mencegah warnanya jadi berubah drastis.

Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Bahan Kulit

Punya jaket kulit yang sudah keburu luntur akibat sering terkena hujan dan cuaca? Cara menghilangkan noda luntur ini bisa dicoba untuk mengembalikan warna dan kilau alaminya. Gunakan pembersih khusus untuk bahan kulit dan tuang di bagian noda lunturnya untuk melembutkan tekstur kulit. Keringkan di dalam ruangan karena sinar matahari dikhawatirkan bisa merusak permukaan kulit. Jika sudah, lap dan gosok bagian yang luntur untuk mengembalikan warna asli kulit. Kemudian, semprotkan produk perawatan untuk bahan kulit, termasuk yang anti air.

Berita Lainnya  Enam Oleh-Oleh Khas Jogja Yang Bisa Dibawa Saat Mudik

Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Jeans

Bahan jeans termasuk lebih tangguh, tapi tetap ada cara menghilangkan noda luntur pada bahan denim ini. Gunakanlah bahan pembersih yang mengandung 3% hydrogen peroxide dan gunakan secukupnya pada area yang luntur. Setelah itu, bilas hingga bersih. Jika noda luntur masih membandel, tambahkan cairan klorin ke air, lalu rendam hingga 30 menit.

Cara Menghilangkan Noda Luntur dengan Bahan Alami

Kurang suka dengan cara menghilangkan noda luntur yang menggunakan produk berbahan kimia? Tenang saja karena ada juga solusi alaminya. Gunakanlah buah yang mengandung asam, seperti buah lemon atau belimbing. Potong dan gosokkan bagian dalam buah ke noda luntur dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci pakaian dengan deterjen seperti biasa.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler