fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Alternative Pendingin Ruangan Selain AC

Diterbitkan

pada

Jogja,(pidjar.com)–Kalau tidak pakai AC, harus menggunakan apa supaya ruangan tetap sejuk? Tenang, ada banyak kok pendingin ruangan selain AC yang bisa Anda pertimbangkan. Selain efektif membuat suhu ruangan menjadi lebih bersahabat, terutama saat suhu di luar lagi tinggi-tingginya, pendingin ruangan selain AC umumnnya lebih murah untuk dibeli dan tidak terlalu memakan banyak daya listrik. Jadi, Anda bisa lebih hemat. Penasaran apa saja pendingin ruangan selain AC? Berikut  beberapa alternatif pendingin ruangan selain AC yang bisa Anda tempatkan di rumah untuk menurunkan suhu udara yang bikin gerah.

Kipas Angin

Anda pasti sudah nggak asing, ‘kan dengan pendingin ruangan selain AC yang satu ini? Bahkan, sebelum AC populer seperti sekarang, kipas angin sudah tenar terlebih dahulu. Pendingin ruangan selain AC ini sampai sekarang masih punya banyak penggemar setia yang menggunakannya untuk membuat udara ruangan lebih sejuk. Pemasangan kipas angin bisa memutarkan udara dalam suatu ruangan sehingga Anda nggak merasa sumpek. Yang nggak kalah penting, pendingin ruangan selain AC ini juga hemat energi listrik dan biaya. Anda bisa membelinya mulai dari harga ratusan ribu, walaupun ada juga yang harganya mencapai jutaan rupiah. Bukan cuma itu, daya listrik untuk kipas cenderung rendah sehingga tagihan listrikmu nggak bakal membengkak.

Berita Lainnya  Lima Manfaat Menanam Tanaman Organik

Cooling Pack

Cooling pack bukan cuma efektif sebagai alat kompres atau penjaga tas makanan agar tetap dingin. Nyatanya, cooling pack bisa menjadi alternatif pendingin ruangan selain AC, lho, tepatnya sebagai pendukung dari kipas angin. Cooling pack yang bentuknya mirip bantal leher ini pun sangat mudah digunakan. Untuk menjadikan cooling pack sebagai alat pendingin selain AC, Anda hanya perlu menempelkannya di bingkai kipas angin. Dijamin, udara di rumah bisa lebih sejuk seketika! Jangan lupa, setiap habis pakai, taruh cooling pack kembali ke dalam kulkas bagian freezer untuk mempertahankan kebekuan dan dinginnya.

Exhaust Fan

Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar kata exhaust fan? Masih banyak orang menganggap alat ini hanya cocok ditempatkan di kamar mandi untuk menjaga sirkulasi udara di area yang minim atau tidak mendapatkan ventilasi. Namun kenyataannya, exhaust fan bisa menjadi alternatif pendingin ruangan selain AC untuk berbagai ruangan di hunian, lho! Sebenarnya, fungsi dari exhaust fan mirip kipas angin. Exhaust fan bisa mengusir hawa panas di ruangan dengan membuat udara memutar di ruangan tersebut. Pendingin ruangan selain AC yang satu ini pas banget ditaruh di ruangan yang kecil ataupun yang minim ventilasi.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Gula Aren

Ventilating Fan

Masih banyak orang yang menganggap ventilating fan sama saja seperti exhaust fan. Padahal, fungsinya berbeda, lho. Pendingin ruangan selain AC yang satu ini secara bentuk memang mirip exhaust fan. Namun, keefektifan ventilating fan dalam menciptakan ruangan yang sejuk dianggap lebih ampuh. Hal tersebut karena ventilating fan bukan hanya menyerap hawa panas di ruangan. Pendingin ruangan selain AC yang satu ini juga bisa mengembuskan udara segar sehingga ruangan tentu jadi lebih sejuk. Udara segar yang terasa tersebut diserap oleh ventilating fan lewat baling-baling alat ini yang memang dipasang dengan ventilasi udara di rumah.

Air Cooler

Mau alternatif pendingin ruangan selain AC, tapi yang paling mirip dengan AC? Air cooler adalah jawabannya! Alat yang satu ini kerap disebut pula sebagai AC portabel yang harga belinya lebih murah dari AC dan pemakaian dayanya pun lebih bersahabat. Soal kemampuan air cooler dalam mendinginkan ruangan, bisa dibilang hampir setara dengan AC. Namun, cara kerjanya jauh berbeda. Air cooler membutuhkan bantuan es batu atau air dingin untuk bisa menciptakan embusan udara dingin di ruangan. Oleh karena itu, Anda harus menaruh es batu atau air dingin di tangki air cooler dan mengisinya kembali tiap kali hampir habis.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Mengkonsumsi Buah Leci

Tanaman Hias Indoor

Pendingin ruangan selain AC nggak melulu berupa alat elektronik, lho! Anda juga bisa memanfaatkan tanaman hias indoor tertentu sebagai pendingin ruangan selain AC yang sifatnya alami. Ini karena tanaman hias bisa membantu menciptakan oksigen yang membuat ruangan nggak terasa pengap karena udara bersih lebih banyak. Namun ingat, nggak semua tanaman hias bisa ditaruh di dalam ruangan, ya! Ada juga jenis-jenis tanaman yang mengeluarkan gas beracun sehingga nggak bisa menjadi pendingin ruangan selain AC. Untuk itu, Anda perlu selektif memilih jenis tanaman untuk ditempatkan di dalam hunian.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler