fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Fashion Show di Goa, Perkenalkan Sekaligus Batik dan Alam Gunungkidul

Diterbitkan

pada

BDG

Playen,(pidjar.com)–Sebagai penutup kegiatan Hari Jadi Gunungkidul ke 191, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Fashion Show di Goa Rancang Kencono yang berada di kawasan Obyek Wisata Air Terjun Sri Gethuk. Kegiatan fashion show ini dimaksudkan untuk memperkenalkan produk batik asli Gunungkidul dan sekaligus juga untuk membantu mendongkrak kunjungan wisata meski dalam situasi pandemi covid19.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Tenaga Kerja, Wahid Supriyadi mengatakan, fashion show ini dimaksudkan untuk mempromosikan produk lokal Gunungkidul berupa batik. Sebab sebagaimana diketahui, Bumi Handayani memiliki berbagai jenis motif batik yang iconik dan menggambarkan kondisi Gunungkidul. Seperti misalnya Batik Walang, Batik Amarilis dan beberapa jenis lainnya.

Berita Lainnya  Triyanto, Pelatih Asal Gunungkidul di Balik Sukses Raihan Medali Emas Tim Panjat Dinding Putri di Ajang Asian Games 2018

“Ini adalah ide dari Pak Bupati untuk membuat event yang belum pernah dilakukan, kemudian tercetuslah untuk menggelar fashion show di dalam goa. Cukup menarik dan ini belum pernah digelar sebelumnya,” jelas Wahid, Sabtu (11/06/2022).

Jika biasanya fashion show dilakukan oleh model-model profesional, yang menarik pada event ini adalah peraga busana batik ini dilakukan oleh para pejabat Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Para Asisten Pemerintahan, Staf Ahli, Kepala Dinas, hingga Direktur Rumah Sakit Daerah bersama pasangannya memperagakan batik-batik asli Gunungkidul.

Mereka berlenggak lenggok layaknya model profesional di red karpet dan disaksikan oleh Bupati beserta tamu undangan. Canda tawa dan apresiasi pun mengiringi para pejabat yang tengah memperagakan sebagai model busana.

Berita Lainnya  Polres Gunungkidul Tindak 700 Tilang dalam Operasi Zebra

“Ya memang konsepnya ini untuk memperkenalkan produk Batik asli Gunungkidul. Selain itu juga mengenalkan budaya dan pariwisata,” paparnya.

Seperti yang diketahui, Goa Rancang Kencana ini merupakan obyek wisata yang berada di Kawasan Air Terjun Sri Gethuk. Selain wisata alam yang disuguhkan, di tempat ini juga memiliki beragam budaya yang masih sangat kental dan banyak yang masih melestarikan.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengungkapkan Hari Jadi Gunungkidul yang ke 191 berjalan lancar sejak awal hingga akhir rangkaian ini. Fashion Show ini sengaja diadakan guna memfasilitasi para desainer dan model Gunungkidul untuk menampilkan karya-karya mereka.

Ide Fashion Show di dalam goa ini telah ia gagas sejak lama. Di mana baru kali ini ada gelaran fashion di obyek wisata khususnya goa.

“Kenapa di alam? Karena saya ingin mengkolaborasikan hasil karya para desainer ini dengan alam Gunungkidul,” tandas Bupati Sunaryanta.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler