fbpx
Connect with us

Pendidikan

Festival INOVOKASIA 2024, GIK Gandeng Sekolah Vokasi UGM

Diterbitkan

pada

BDG

 

Jogja, (pidjar.com)– Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) UGM menggandeng Sekolah Vokasi UGM menggelar Festival Vokasi
Inovasi dan Kreativitas Universitas Gadjah Mada selama dua pekan, mulai 20 Mei – 1 Juni 2024. Mengusung tema “Inovokasia 2024”, gelaran tersebut diselenggarakan di kampus Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

INOVOKASIA 2024 ini bertujuan untuk menunjukkan peran penting vokasi di masa depan yang hadir untuk semua kalangan,
baik mahasiswa maupun masyarakat umum yang tertarik dalam bidang pengetahuan dan
keterampilan.

Dekan Sekolah Vokasi UGM, Agus Maryono mengatakan, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat maka kebutuhan akan tenaga ahli terampil siap kerja yang inovatif dan memiliki daya saing tinggi juga meningkat pesat. Kebutuhan inilah yang senantiasa disiapkan oleh SV UGM.

“Bersama dengan GIK UGM, kami ingin mendorong generasi masa depan bangsa untuk menjadi manusia-manusia yang inovatif, produktif, kolaboratif, dan solutif. Kami ingin mewujudkan karakter generasi muda yang prinsipnya mantap, teorinya kuat, prakteknya hebat, soft skill-nya memikat, motivasinya dahsyat, dan solusinya tepat,” ungkapnya dalam konferensi pers di Sekolah Vokasi UGM, Senin (20/5/2024).

Berita Lainnya  Kampus Anyar UNY Mulai Beroperasi September 2020, Pelajar Gunungkidul Bakal Dapat Kuota Khusus

Menurut Agus, hal yang dilakukan untuk membangun bangsa ini adalah kolaborasi antara mahasiswa dan dosen. Misalnya, ada mahasiswa bangkit, ada dosen bangkit bangkit untuk bergerak mengakselerasi seluruh kemajuan.

“Karena kalau kemajuan ini tidak diakselerasi sendiri, maka kita ditinggal. Oleh karena itu kita harus merubah diri dari berpikir dan berjalan, tetap harmoni dan tetap sasaran, ” ungkapnya.

Chief Program Officer GIK UGM, Garin Nugroho menambahkan, Sekolah Vokasi menjadi bagian penting bagi masa depan Indonesia karena mendorong generasi muda yang memiliki keterampilan praktis yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

“Generasi terampil berinovasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi, salah satu pemantiknya datang dari dari Inovokasia 2024,” imbuhnya.

Festival dua pekan ini, menghadirkan serangkaian pengalaman yang terdiri dari
eksibisi, kompetisi, lokakarya, talkshow, master class, Talent Day, Movie Day, Sekip Walk, dan pertunjukan musik dalam nafas teknologi, etika, dan estetika.

Berita Lainnya  Sekolah Swasta Ini Kian Eksis Raih Penghargaaan di Tingkat Internasional

Dalam kesempatan yang sama, Head of Experience GIK UGM, Ajie Wartono mengungkapkan, festival ini menggandeng ahli dan praktisi dari berbagai bidang. Sedangkan kompetisi diadakan untuk menjaring calon-calon sarjana terapan unggulan yang nantinya bisa berkompetisi di dunia industri.

“Eksibisi Inovokasia 2024
akan menampilkan hasil-hasil produk unggulan dan temuan-temuan inovatif yang di masa depan dapat diterapkan dan dimanfaatkan dalam dunia industri,” tandasnya.

INOVOKASIA 2024 di antaranya juga menggandeng Dagadu sebagai pengisi salah satu lokakarya bertema “Product Design Innovation”. Tema-tema seperti softskill, career development, dan pengembangan bisnis, akan diangkat sebagai tema berbagai lokakarya.
(Ken).

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler