fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Fakta tentang Anak Pertama

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Setiap anak memiliki sifat dan keunikannya masing-masing. Di sisi lain ternyata, urutan lahir anaklah yang memengaruhi kedua hal tersebut. Jika tidak percaya, coba simak saja fakta anak pertama yang satu ini. Anak sulung terkadang sering kali menjadi “kelinci percobaan”  orang tua yang belum pernah mengasuh anaknya sendiri. Maka dari itu, wajar jika cara membesarkan anak akan berbeda dengan anak selanjutnya. Itulah mengapa sifat anak pertama dan kedua terkadang bisa sangat berbeda. Tidak percaya? Simak saja fakta anak pertama di bawah ini!

Pemimpin Alami

Anak sulung disebut lebih cenderung memerankan peran sebagai pemimpin menurut penelitian dari University of Georgia. Itulah mengapa anak pertama sering kali diberikan tanggung jawab lebih oleh orang tua karena harus menjadi panutan dari adik-adiknya. Bahkan, mayoritas dari CEO perusahaan, presiden Amerika Serikat, dan astronaut merupakan anak sulung, lho.

Egois dan Keras Kepala namun Perhatian

Karena terlahir lebih dahulu daripada adik-adiknya, wajar jika anak pertama sangat dimanjakan oleh orang tuanya. Terkadang, hal tersebut bisa membuat sang anak lebih keras kepala dan egois. Meskipun sifat tersebut akan dibawa hingga dewasa, anak pertama biasanya cenderung akan lebih peduli pada orang-orang yang ia sayangi. Semakin dewasa, anak tersebut akan menyadari sifat egois tersebut dan lambat laun ia akan mulai mempelajari cara untuk memahami perasaan orang lain.

Berita Lainnya  Empat Menu Makan Malam Sehat yang Mudah Dibuat Sendiri

Bertanggung Jawab namun Mudah Stres

Anak pertama memiliki sifat tanggung jawab tidak hanya untuk dirinya sendiri, melainkan untuk adik-adiknya juga. Terkadang, sifat ini membuat anak sulung selalu ingin mengerjakan tugasnya dengan sempurna. Umumnya, hal tersebut bisa membuat anak sulung menjadi lebih rentan stres.

Lebih Mandiri

Anak pertama tidak pernah memiliki masalah dalam menjelajah dunia seorang diri. Terkadang orant tua dengan banyak anak memiliki kesibukan lain yang membuat mereka tidak bisa selalu berfokus untuk mengurus anak sulung. Untuk itu, wajar sekali jika anak pertama mengembangkan sifat yang membuatnya lebih mandiri daripada adik-adiknya.

Pekerja Keras

Anak pertama cenderung lebih berorientasi pada prestasi. Memiliki adik terkadang membuat anak sulung lebih sulit untuk mendapatkan perhatian orang tua. Untuk itulah anak pertama memiliki cara lain untuk mendapatkan perhatian orang tua dengan cara memperoleh nilai baik di sekolah. Sifat pekerja keras inilah yang akan di bawa anak sulung hingga dewasa.

Berita Lainnya  Mengenali Tujuh Jenis Lipstik

Santun dan Lebih Dewasa

Anak pertama cenderung lebih santun dan lebih terlatih dalam berbagai permasalahan dalam hidup. Ketika terjadi perdebatan dengan adik-adiknya, anak sulung akan cenderung mengalah. Di dunia nyata, anak pertama akan lebih mudah berhadapan dengan orang lain karena ia memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik.

Pandai dalam Mengambil Keputusan

Anak pertama pada umumnya selalu menuruti kata-kata orang tua atau sosok yang dinilai memiliki kuasa. Sebuah penelitian dari jurnal Child Development menyebutkan bahwa anak pertama lebih mudah menyesuaikan diri karena ia mudah membuat keputusan. Oleh karena itu, anak pertama jarang sekali memberontak daripada anak kedua yang sifatnya cenderung lebih suka bertualang.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler