fbpx
Connect with us

Peristiwa

Gas Bocor Saat Memasak, Rumah Yatimah Runtuh Dilalap Api

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Sebuah rumah di wilayah Padukuhan Banyusoca RT 02 RW 04, Kalurahan Banyusoca, Kapanewon Playen ludes dilalap api, Sabtu (12/09/2020). Diduga kebakaran dipicu adanya kebocoran tabung gas. Akibat dari kejadian tersebut, korban merugi hingga ratusan juta rupiah.

Peristiwa tersebut terjadi di rumah milik Yatimah (70). Saat itu dirinya tengah memasak di dapur, namun tak disangka regulator tabung gas tidak terpasang dengan rapat. Sehingga gas keluar dari celah antara regulator dan tabung gas.

Dari hal itu, api dari kompor langsung menyambar gas yang keluar. Kobaran api cukup besar akhirnya terjadi. Dengan cepat api kemudian menjalar ke seluruh bagian rumah hingga . karena api cukup besar, sekitar pukul 11.00 WIB, warga sekitar lokasi kemudian berusaha memadamkan kobaran api.

Berita Lainnya  Angin Kencang Obrak-abrik Ponjong, Puluhan Pohon Tumbang 1 Rumah Warga Rusak

“Kobaran api semakin membesar karena isi rumah atau barang-barang milik korban juga ikut terbakar,” ucap Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi ketika dikonfirmasi, Sabtu siang.

Upaya pemadaman yang dilakukan oleh warga dinilai masih kurang efisien, sehingga warga berinisiatif untuk menghubungi Kantor Damkar Wonosari. Selang setengah jam, petugas pemadam akhirnya datang ke lokasi membantu pemadaman api yang terlanjur melalap isi rumah itu.

“Sekitar pukul 11. 40 WIB, tim pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk membantu evakuasi dan pemadaman dengan mengerahkan 2 unit mobil pemadam, I unit mobil tangki, 1 unit mobil Gess. Api kemudian baru bisa dipadamkan sekitar pukul 12.15 WIB,” terang Hajar.

Hajar menambahkan, akibat kejadian tersebut kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Sebab, diketahui seluruh rumah hangus terbakar nyaris tak tersisa, termasuk kendaraan dan surat-surat berharga milik keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

Berita Lainnya  Nyalakan Lilin Saat Listrik Padam, Rumah Beserta Isinya Ludes Terbakar

“Selain bangunan rumah, satu unit sepeda motor jenis Yamaha Vega, surat-surat berharga dan perkakas rumah tangga semua terbakar. Diperkirakan kerugian mencapai Rp 115 juta,” ucap Hajar.

Sementara itu, salah satu tim dalam pemadaman api dari Kantor Damkar Wonosari, Widodo mengatakan bahwa seluruh anggota keluarga di rumah tersebut berhasil menyelamatkan diri. Sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja akibat kepulan asap yang tebal, satu orang tetangga korban mengalami sesak nafas.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler