fbpx
Connect with us

Politik

Gelar Pertemuan Dengan Sunaryanta, PAN: Kami Memang Belum Fix Usung Immawan

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Bursa Pilkada Gunungkidul 2020 terus memanas. Meski belum ada satupun parpol yang menyatakan calon yang akan diusung menjadi pemimpin Gunungkidul, namun sejumlah spekulasi mulai bermunculan. Manuver-demi manuver terus dilakukan oleh para kandidat calon maupun partai politik dalam menyongsong perhelatan politik skala daerah paling akbar ini.

Salah satu parpol paling berpengaruh dalam setiap helatan Pilkada Gunungkidul, Partai Amanat Nasional (PAN) membuat manuver mengejutkan. Partai yang selalu berhasil mendudukan wakilnya sebagai pemimpin Gunungkidul ini diketahui menggelar pertemuan dengan Sunaryanta. Sebagaimana diketahui, Sunaryanta sendiri memang santer dikabarkan akan menjadi bakal kandidat yang akan bertarung dalam kontestasi Pilkada Gunungkidul 2020. Manuver ini sendiri terbilang mengejutkan lantaran PAN sendiri juga sangat santer dikabarkan akan mengusung Immawan Wahyudi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Gunungkidul.

Dalam pertemuan yang berlangsung Jumat (30/08/2019) kemarin di Kantor DPD PAN Gunungkidul, selain Sunaryanto, hadir pula seluruh pengurus teras DPD PAN Gunungkidul hingga anggota DPRD Gunungkidul Fraksi PAN. Ketua DPD PAN Gunungkidul, Arif Setiadi; Sekretaris DPD PAN Gunungkidul, Anwaruddin, hingga anggota DPRD Gunungkidul, Bambang SS, Supriyadi, Wiwik dan yang lainnya.

Saat dikonfirmasi usai pertemuan ini, Ketua DPD PAN Gunungkidul, Arif Setiadi menyebut bahwa pertemuan yang digelar ini hanyalah silaturahmi biasa. Pada Jumat sore, DPD PAN Gunungkidul memang mengagendakan rapat pengurus. Di sela-sela rapat tersebut, kemudian ada komunikasi dengan Sunaryanto yang berniat bersilaturahmi kepada para pengurus DPD PAN Gunungkidul.

Berita Lainnya  Batal Hengkang ke Partai Berkarya dan PKB, Dua Anggota DPRD Gunungkidul Ini Akhirnya Gabung PPP di Menit Akhir

“Sebenarnya kami dapat undangan untuk acara kethoprak di Nglipar dari beliau, kebetulan kami sedang ada acara sehingga tidak bisa datang. Kemudian beliau berinisiatif untuk menggelar pertemuan di kantor,” beber dia, Jumat petang kemarin.

Meski begitu, ia juga tak menampik bahwa kedatangan Sunaryanto ini memang kental kaitannya dengan kesan politik. Hal tersebut disebut Arif tak masalah mengingat hingga saat ini PAN belum memutuskan siapa calon yang akan diusung. PAN masih dalam tahap membahas pedoman organisasi terkait Pilkada Gunungkidul. Sehingga dengan demikian, pihaknya masih membuka diri terhadap siapapun para tokoh masyarakat Gunungkidul yang ingin menggunakan PAN sebagai kendaraan politik.

“Ada komunikasi dan ada yang masuk dalam radar kami tentu saja. Kalau yang sudah ada komunikasi dan masuk radar diantaranya adalah Sunaryanto, Immawan Wahyudi, Dodi Wijaya,” terang Arif.

Dengan ini, Arif sekaligus juga membantah perihal rumor bahwa PAN sudah fix untuk mengusung Immawan Wahyudi sebagai calon Bupati. Menurutnya, hal ini hanyalah kabar burung semata dan bukan merupakan keputusan resmi dari PAN.

Berita Lainnya  Raup 76,54% Suara, Gunungkidul Jadi Basis Terkuat Pasangan Capres Jokowi-Maruf di DIY

“Lha wong kami belum membuka pendaftaran kok. Jadi belum ada yang diusung memang,” ujarnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, pengurus DPD PAN Gunungkidul, Heri Kriswanto membenarkan pernyataan dari Arif. Menurut Heri, PAN masih jauh dalam menentukan calon yang akan diusung. Saat ini yang menjadi konsentrasi kalangan PAN, adalah pembentukan koalisi parpol untuk bisa mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati.

“PAN untuk Pilkada Gunungkidul 2020 ini memang tidak bisa mengusung sendiri, harus berkoalisi dengan parpol lain. Ini yang masih menjadi prioritas kami, belum pada calon,” urainya.

Menurut Heri, DPD PAN Gunungkidul sendiri masih sangat bersifat cair dalam menyongsong Pilkada Gunungkidul. Hal ini diartikan, para pengurus masih dibebaskan untuk bermanuver dan menjalin komunikasi-komunikasi politik dengan para kandidat.

“Kami masih dibebaskan untuk melakukan penjajakan,” tutupnya.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler