fbpx
Connect with us

Peristiwa

Gelombang Tinggi Terjang Pantai Selatan, 10 Wisatawan Terseret Ombak

Diterbitkan

pada

Tanjungsari,(pidjar.com)–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika beberapa hari lalu merilis tentang peringatan dini adanya kenaikan gelombang air laut di kawasan pantai selatan. Pada Minggu (15/05/2022) kemarin, gelombang tinggi mulai menerjang kawasan pesisir selatan. Akibatnya dilaporkan ada beberapa kerusakan dan sejumlah pengunjung yang terseret arus ombak.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Pantai Baron, Marjono mengatakan, gelombang tinggi diprediksi akan terjadi sampai dengan tanggal 22 Mei 2022 mendatang. Pihaknya terus bersiaga untuk tetap memberikan himbauan dan peringatan kepada para pengunjung. Tim SAR sendiri memang patut bersiaga lantaran munculnya gelombang tinggi ini, berbarengan dengan musim long weekend di mana kawasan pantai dibanjiri pengunjung.

Berita Lainnya  Hingga Hari Kedua Korban Laka Laut Pantai Sedahan Tak Kunjung Ditemukan, Tim Gabungan Perluas Area Pencarian dan Tambah Personel

“Iya memang ada peningkatan gelombang. Kami terus bersiaga dan melakukan pantauan serta penyisiran,” kata Marjono, Senin (16/05/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, gelombang tinggi yang terjadi kemarin mengakibatkan sejumlah insiden. Diantaranya adalah kerusakan kapal milik nelayan di Pantai Ngandong karena hantaman ombak. Kemudian sejumlah pengunjung dilaporkan mengalami luka-luka akibat terseret ombak.

Adapun pantai-pantai yang diterjang gelombang pasang diantaranya adalah di Pantai Kukup, Pantai Drini, Pantai Watu Lawang, dan Pantai Sepanjang. Total ada 10 orang yang terseret dan tergulung ombak.

“Mereka mengalami luka ringan seperti robek pada pada kaki dan lainnya. Bersyukur meski sempat terseret dengan ombak namun para korban ini berhasil diselamatkan,” terangnya.

Pihaknya berupaya memberikan himbauan kepada para pengunjung agar mematuhi peringatan yaitu mengutamakan keselamatan sata beraktifitas di tepi pantai. Puncak dari gelombang tinggi sendiri adalah pada Minggu kemarin.

Berita Lainnya  Pengemudi Ceroboh, Mobil Hantam Pemotor Hingga Terkapar di Jalanan

Menurutnya, berdasarkan pantauan selama 3 hari terakhir pengunjung pantai selatan meningkat drastis. Hal ini karena libur panjang yaitu libur Waisak sehingga banyak orang menyerbu kawasan pantai selatan.

“Kunjungan memang meningkat,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler