fbpx
Connect with us

Peristiwa

Gelombang Tinggi Terjang Pantai Selatan Gunungkidul, 10 Kapal Nelayan Rusak

Published

on

Tanjungsari,(pidjar.com)–Gelombang tinggi terjadi di perairan selatan Gunungkidul. Akibatnya sebanyak 10 kapal nelayan di Pantai Baron baron mengalami kerusakan akibat diterjang gelombang tinggi, aktivitas nelayan juga terhenti demi keselamatan mereka.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II, Marjono mengatakan gelombang tinggi mulai terjadi sejak pagi tadi. Kapal-kapal nelayan yang terparkir di dermaga banyak yang terhantam gelombang pasang ini. Sedikitnya 10 kapal nelayan mengalami kerusakan.

“Para nelayan yang mengetahui gelombang tinggi lantas memindahkan kapal dari tempat semula ke tempat yang lebih aman,” jelas Marjono, Rabu (14/07/2021).

Gelombang tinggi yang terjadi ini berkisar 14 feet atau sekitar 3,5 meter. SAR kemudian melakukan penyisiran untuk mengecek apakah ada kerusakan di pantai-pantai lainnya. Namun berdasarkan pengecekan tidak ada kerusakan bangunan ataupun kapal di tempat pendaratan lainnya.

“Untuk kerusakan bangunan saat ini nihil. Hanya 10 kapal di Pantai Baron ini saja,” ungkapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam gelombang tinggi ini. Sebab diterapkannya PPKM Darurat tidak ada pengunjung yang masuk ke kawasan pantai selatan.

Sementara itu, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 1 Sadeng, Sunu Handoko Bayu Segara mengatakan di pantai sekitar Sadeng dan Wediombo juga terjadi gelombang tinggi. Namun demikian tidak ada laporan kejadian yang diakibatkan oleh gelombang pasang. Berdasarkan pemantauan dan laporan yang diperoleh, sebagian nelayan memilih untuk berhenti tidak melaut terlebih dahulu demi keselamatan mereka.

“Banyak yang memilih untuk tidak melaut terlebih dahulu. Kecuali memang ada beberapa nelayan yg masih aktivitas menarik jaring dikarenakan hari sebelumnya masih meninggalkan jaring di tengah,” ucap Sunu saat dihubungi.

Prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gunungkidul, gelombang tinggi di perairan selatan diprakirakan 4 sampai 6 meter dengan kategori sangat tinggi. Tidak menutup kemungkinan gelomvang tinggi akan terjadi sampai dengan besok.

Adapun suhu udara mencapai 22-31 derajat celcius, kelembaban udara 65 sampai 95 persen, dan angin yang berhembus dari arah Tenggara dengan kecepatan maksimum 25 km/jam.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler