fbpx
Connect with us

Peristiwa

Gempa 5,3 SR Guncang Gunungkidul, Plafon Rumah Sujiyo Ambrol

Diterbitkan

pada

BDG

Purwosari,(pidjar.com)–Gempa dengan berkekuatan 5,3 Skala Richter mengguncang Gunungkidul, Senin (28/06/2021) sekitar pukul 05.15 WIB. Gempa yang berpusat pada 55 kilometer barat daya Gunungkidul tersebut sempat membuat khawatir sejumlah warga lantaran memang durasinya yang cukup lama. Sejumlah titik di Gunungkidul dilaporkan mengalami kerusakan meski tak sampai ada korban jiwa. Sejumlah warga berhamburan ke luar rumah sembari membunyikan bunyi-bunyian maupun berteriak-teriak.

Salah satu yang mengalami kerusakan adalah rumah warga di Padukuhan Sumur, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Purwosari. Guncangan gempa mengakibatkan plafon rumah ambrol.

Lurah Giripurwo, Supriyadi mengatakan, rumah teesebut milik warganya yang diketahui bernama Sujiyo. Saat kejadian sendiri, Sujiyo dan keluarganya sudah bangun dan bisa menyelamatkan diri. Insiden ini menurutnya tak sampai menimbulkan korban luka maupun jiwa.

Berita Lainnya  Motor Vega Habis Terbakar Saat Mogok di Tanjakan Clongop

Kerusakan sendiri terjadi pada plafon dan menimpa satu buah laptop,” kata Supriyadi, Senin (28/06/2021).

Adapun siang ini, rencananya ia bersama warga lainnya akan melakukan kerja bakti di rumah Sujiyo. Pihaknya juga belum bisa membeberkan secara detail berapa kerugian yang dialami oleh warganya tersebut.

Belum bisa dikalkulasi untuk kerugian materinya, hari ini akan kerja bakti,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Pelaksana Bencana Daerah Gunungkidul, Edy Basuki membeberkan, sejauh ini baru ada laporan satu rumah rusak di Kapanewon Purwosari akibat gempa. Ia sudah memerintahkan Tim Reaksi Cepat BPBD Gunungkidul untuk melaksanakan pantauan langsung di lokasi rumah rusak tersebut.

Kami terus pantau perkembangan kerusakan yang terjadi,” papar dia.

Menurut Edy, pihaknya melakukan pantauan di kawasan selatan Gunungkidul berkaitan dengan dampak gempa yang terjadi pada Senin pagi ini. Menurutnya, ada tiga kapanewon yang rawan mengalami kerusakan yakni Saptosari, Panggang dan Purwosari.

Kita masih lakukan pantauan, ” tutup Edy.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler