fbpx
Connect with us

Sosial

Gowes di Jalan Raya Rawan Kecelakaan, Polisi Awasi 2 Titik Kumpul Pesepeda

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Olahraga bersepeda tengah booming pada masa pandemi covid-19 ini. Tak hanya sebagai sarana menjaga kesehatan saja, namun bersepeda sudah menjadi trend bagi sebagian kalangan masyarakat. Tak heran, sejak beberapa waktu terakhir ini, foto maupun video komunitas ataupun masyarakat yang bersepeda banyak wara-wiri di timeline berbagai macam platform media sosial.

Dampak dari ngetrendnya bersepeda sendiri selain meroketnya harga sepeda di sejumlah toko, juga memiliki tingkat kerawanan terjadi kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi. Pasalnya, para pesepeda sebagian ada yang memilih rute jalanan ramai. Mengantisipasi hal semacam ini, saat ini pihak kepolisian tengah memonitor 2 titik yang dianggap sebagai titik rawan potensi laka lantas yang melibatkan pesepeda.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Trinuvyanto memaparkan, saat ini, angka laka lantas yang melibatkan sepeda kayuh memang masih cukup minim. Namun begitu, pihaknya tak mau kecolongan dengan aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang keamanan bersepeda di jalan raya.

Berita Lainnya  Jelang Pengoperasian RSUD Saptosari, Dinas Kesehatan Akan Mulai Rekrut Tenaga Medis

“Untuk di Gunungkidul sudah kita himbau kepada pesepeda agar tetap berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas. Kita himbau juga untuk menghormati sesama pengguna jalan,” kata Anang, Kamis (02/07/2020).

Lebih lanjut dikatakannya, arti menghormati pengguna jalan lain yakni dengan tidak bergerombol menutup badan jalan. Selain itu, akan lebih baik juga menggunakan kelengkapan keselamatan seperti helm.

“Kita sudah laksanakan public address dan himbauan melalui unit Dikyasa Polres Gunungkidul dan Binmas. Sosialisasi tertib bersepeda bagi masyarakat agar mereka patuh aturan yang ada,” imbuh Anang.

Anang menambahkan, saat ini ada dua lokasi yang kerap menjadi titik kumpul para pesepeda. Diantaranya yakni Jalan Baru Playen dan Alun-alun Kota Wonosari.

Berita Lainnya  Penarikan Paksa Kendaraan Kredit Oleh DC, Kapolres: Bisa Dijerat 3 Pasal Pidana

Terpisah, Kanit Laka Lantas Polres Gunungkidul, Iptu Soni Yuniawan menjelaskan bahwa sampai dengan pertengahan tahun ini terdapat 4 kecelakaan melibatkan sepeda kayuh. Sebagian diantaranya terjadi pada masa pandemi covid-19 ini.

“Ada di Playen kemarin, tapi yang menangani Polsek jadi saya tidak bisa menjelaskan data korban dan kronologisnya,” ucap Soni.

Untuk kecelakaan lalu lintas melibatkan kendaraan roda dua dan roda empat justru mengalami penurunan di masa pandemi. Hal tersebut terjadi lantaran minimnya aktifitas masyarakat serta mudik yang dibatasi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler