fbpx
Connect with us

Sosial

Ribuan UMKM Mulai Tumbuh dan Berkembang, Ekonomi Gunungkidul Menggeliat

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari, (pidjar.com)–Usaha Kecil Mikro dan Menengah di Kabupaten Gunungkidul semakin menggeliat. Dinas Koperasi dan UMKM (DKUMKM) Kabupaten Gunungkidul mencatat, saat ini terdapat 2.500 UMKM yang tersebar di seluruh Kabupaten Gunungkidul. Tumbuhnya UMKM ini tentunya menjadi geliat bagi perekonomian masyarakat. Jika nantinya semakin berkembang, bukan tidak mungkin UMKM yang ada ini bisa menjadi pilar masyarakat Gunungkidul menuju kesejahteraan.

Kepala Bidang UMKM DKUMKM Kabupaten Gunungkidul, Sutaryono mengatakan, selama ini dinas sudah melakukan berbagai pendampingan. Salah satu yang menjadi prioritas adalah dalam hal membantu pemasaran.

“Misalnya pada pameran saat hari koperasi kemarin, ini sebagai upaya mempromosikan. Kepada para pelaku usaha, tidak kami kenai biaya,” kata Sutaryono kepada pidjar.com, Kamis (26/09/2019).

Lebih lanjut pria yang akrab dipanggil Taryono ini mengatakan, pameran produk UMKM tak hanya sebatas dipamerkan di Gunungkidul saja. Melainkan secara luas pihaknya selalu mengikutkan pelaku UMKM dalam pameran yang diselenggarakan di luar daerah.

Berita Lainnya  Catatan Revalidasi Geopark Gunungsewu, Pengelola Goa Pindul Dinilai Tak Perhatikan Konservasi

“Misalnya di Jogja atau Jakarta, mereka tetap tidak kami pungut biaya,” beber dia.

Menurutnya, di era industri 4.0 seperti saat ini, pihaknya merekomendasikan kepada para pelaku usaha untuk memanfaatkan internet. Sifat jaringan sosial media yang luas sangat efektif apabila digunakan sebagai alat jual beli. Sehingga diharapkan, para pelaku usaha dapat menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran.

“Kami sudah berkali-kali mengajak mereka melakukan pelatihan pemanfaatan teknologi untuk pemasaran,” ujar Taryono.

Selain di bidang pemasaran, khususnya pada UMKM bidang olahan makanan, pihaknya juga telah melakukan pendampingan yang berkaitan dengan kelayakan pengolahan maupun penyajian makanan. Misalnya dalam hal packaging.

“Yang kami tekanan untuk UMKM olahan makanan mereka harus mengurus PIRT dulu, dengan izin tersebut kualitas dan kebersihan makanan sudah terjamin baru nanti bagaimana packagingnya menarik biar menambah nilai jual khususnya untuk pembeli luar daerah,” ujarnya.

Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul, Eko Ruwmanto mengatakan, memajukan roda perekonomian masyarakat Kabupaten Gunungkidul memang bukan persoalan sederhana. Menurutnya ada empat pilar yang harus diperhatikan pemerintah.

Berita Lainnya  Didera Penyakit Hidrosephalus, Bocah 15 Tahun Ini Hanya Miliki Bobot 16 Kilogram

“Gunungkidul akan menjadi luar biasa kalau bisa menerapkan empat pilar yang harus digenjot perkembangannya yaitu pariwisata, infrastruktur, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pertanian,” katanya beberapa waktu yang lalu.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler