fbpx
Connect with us

Pariwisata

Gunungkidul Kian Serius Buka Konsep Wisata Udara Menggunakan Pesawat Kecil

Diterbitkan

pada

BDG

Playen,(pidjar.com)– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul membuka peluang pengembangan wisata dirgantara dengan konsep terbang mengelilingi Bumi Handayani dengan pesawat kecil. Pembahasan secara intens terus dilakukan oleh Pemkab Gunungkidul bersama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Lanud Adisucipto, Yogyakarta dan komunitas Jogja Flaying Club (JFC).

Plt Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan potensi yang ada di Kabupaten Gunungkidul memiliki keunikan tersendiri yang bisa dikembangkan untuk wisata udara dengan menggunakan pesawat kecil. Beberapa lokasi yang cukup mendukung untuk pengembangan konsep wisata yang menguji adrenalin ini adalah di kawasan Parslayang Watugupit, Kalurahan Girijati, Kapanewon Purwosari; Embung Batara Sriten di Pilangrejo, Kapanewon Nglipar; dan Lanud Gading.

Berita Lainnya  Tolak Pembentukan Dinas Pemuda dan Olahraga, Sejumlah Fraksi Walk Out Saat Rapat Paripurna

“Tiga lokasi ini sangat memungkinkan untuk menunjang pengembangan wisata udara. Kami telah memiliki kesepemaganan dengan Lanud, FASI, maupun komunitas yang berkaitan dengan penerbangan,” papar Harry Sukmono.

Pemerintah Kabupaten kian serius dalam merealisasikan konsep wisata yang baru ini. Koordinasi dengan sejumlah lini yang berkaitan dengan penerbangan telah dilakukan. Termasuk pembahasan infrastruktur muapun sarana prasarana yang menunjang konsep tersebut.

“Kami terus berproses untuk hal ini, dari Pak Bupati bersama FASI menginginkan wisata udara ini dikembangkan kolaboratif untuk mengdongkrak potensi baik wisata dan UMKM yang ada,” jelasnya.

Disinggung mengenai estimasi anggaran, Harry mengungkapkan perlu adanya pemetaan lebih lanjut pemetaan lagi terkait dengan model desain kegiatannya. Tentunya yang mengetahui secara pasti adalah dari pihak FASI.

Berita Lainnya  Telan 7 Miliar, Gedung Anyar SMP N 3 Saptosari Ditargetkan Rampung September

Senin (3/7/2023) kemarin uji coba dilakukan. Bupati terbang dengan Pesawat Zenith CH750 bersama komunitas Jogja Flaying Club ( JFC) yang merupakan binaan dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Lanud Adisucipto, Yogyakarta.

“Sudah kita coba terbang dengan pesawat kecil melintas mulai dari wilayah utara hingga wilayah pantai. Sungguh indah Gunungkidul dari udara,” ujar Bupati Gunungkidul, Sunaryanta usai terbang.

Bupati optimis konsep wisata udara ini akan berhasil mesti tergolong sebagai wisata minat khusus. Pihaknya mengaku akan melakukan pembahasan secara serius baik dengan FASI Lanud Adisucipto, Jogja Flying Club (JFC) maupun nantinya dengan pihak swasta.

“Di wilayah kita (Gunungkidul) ada fasilitas Lapangan Udara (Lanud) Gading, Playen yang bisa dimanfaatkan. Ini salah satu keunggulan yang ada,” tutup dia.

Berita Lainnya  Fokuskan Pemantauan Gas Melon Saat Ramadhan, Dinas dan Polisi Ancam Tindak Hukum Pelaku Penimbunan

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler