fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Gunungkidul Wajib Masker, Pemerintah Siapkan Langkah Penegakan

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menerapkan wajib masker bagi seluruh masyarakat. Artinya, masyarakat yang hendak melakukan aktifitas di luar rumah diwajibkan mengenakan masker.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan, pihaknya selama ini dalam pembagian masker turut dibarengi dengan himbauan penggunaan masker. Terutama di wilayah yang terdapat kerumunan warga.

Gunungkidul wajib masker, setiap warga yang hendak pergi keluar rumah wajib menggunakan masker,” kata Immawan kepada pidjar.com, Sabtu (16/05/2020).

Peta Sebaran Status COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul
*Credits: https://bit.ly/statCovGK (updated)

Ia mengatakan, himbauan tersebut tentu akan dibarengi dengan penegakan aturan. Saat ini pihaknya tengah menyiapkan regulasi untuk penegakan tersebut.

Perlu diingat, sebaik-baiknya aturan itu masih lebih baik lagi kesadaran. Secara stimulan dibangun kesadaran masyarakat juga ditegakkan protokolnya,” ucap dia.

Dalam penegakannya, ia mengaku bahwa nantinya akan dilakukan oleh Polisi Pamong Praja dan OPD yang membawahi pasar. Dalam waktu dekat ini, pemerintah juga akan lebih mengiatkan himbauan penggunaan masker di tempat keramaian.

Justru keramaian itu merupakan sampel yang paling pas untuk penegakan. Bisa kita lihat beberapa kegiatan dibubarkan itu adalah bentuk penegakan. Rencana akan ada woro-woro (di pasar) sekaligus ngajari social and physical distancing pagi-pagi pada saat pasar masih ramai-ramainya,” ungkap dia.

Disinggung mengenai, pengetatan jam buka tutup swalayan dan pasar, Immawan menyebut kewenangan berada di pihak kepolisian. Dirinya menghimbau kepada masyarakat agar tidak lengah dan terus mengedepankan pola hidup bersih dan sehat disetiap saat.

Berita Lainnya  Berkinerja Apik, Dinas Pariwisata Gunungkidul Raih Penghargaan Public Service of The Year 2018

Swalayan langsung dari kepolisian tadi siang di salah satu supermarket di Ledoksari juga ditunggui polisi. Sudah ada aturan yang lumayan. Untuk itu mari bersama kira kuatkan protokol covid di Gunungkidul,” pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler