fbpx
Connect with us

Pariwisata

H+3 Lebaran, Jalur Menuju Pantai Masih Padat Kendaraan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Kawasan pantai selatan Gunungkidul masih menjadi primadona bagi para pemudik maupun wisatawan yang jauh-jauh berkunjung ke Gunungkidul. Hingga H+3 ini, jalur menuju pantai dipadati kendaraan roda empat maupun roda dua. Beberapa titik pun cukup ramai dan terjadi tumpukan kendaraan, ratusan ribu wisatawan tercatat masuk di obyek wisata beretribusi di Gunungkidul.

Kepala Seksi Promosi dan Daya Tarik, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Purnomo Sumardamto mengatakan hingga Jumat (07/06/2019) kemarin sore tercatat 105.551 wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata beretribusi di Gunungkidul. Jumlah ini diperkirakan masih akan mengalami kenaikan, baik Sabtu maupun di hari Minggu esok. Dinas Pariwisata sendiri dari hari Lebaran sampai siang ini masih terus memberikan pelayanan secara langsung.

“Yang tercatat ini masih obyek wisata beretribusi, sedangkan yang belum beretribusi data masih diolah,” terang Purnomo Sumardamto.

Sejak pagi tadi aktifitas di jalur wisata mulai kembali ramai. Salah satunya yakni di TPR induk dan beberapa TPR kawasan pantai lainnya, baik sepeda motor maupun mobil mendominasi kendaraan yang masuk ke kawasan pantai dan obyek wisata non pantai layaknya Goa Pindul, Gunung Gentong, Kali Suci dan beberapa lainnya.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko mengatakan, jika sejauh ini jalur wisata masih ramai dilalui kendaraan plat luar daerah. Jalur menuju obyek wisata pantai selatan tergolong ramai lancar, meski ada tumpukan kendaraan kemudian habis dan timbul lagi, tidak mengular panjang. Beberapa rekayasa lalu lintas diterapkan oleh pihak kepolisian dan tim gabungan agar jalur tetap aman dan tidak menimbulkan kemacetan.”Beberapa titik kami terapkan rekayasa lalu lintas,” ujar AKP Mega Tetuko.

Adapun diantaranya yakni di jalur Wonosari-Semanu tepat di simpang empat petugas memberlakukan rekayasa lalu lintas, dimana kendaraan dari arah Semanu tidam diperbolehkan lurus ke barat atau ke arah Wonosari. Seluruh kendaraan diarahkan ke ring road selatan melewati jalan Baron. Selain itu, di wilayah selatan bagi kendaraan yang dari pantai hendak kembali ke Jogja diarahkan melintasi jalan jalur lingkar selatan (JJLS).

“Kami terapkan beberapa hari ini, untuk mengurai kemacetan,” imbuhnya.

Hingga siang dimungkinkan kendaraan akan memadati kawasan pantai selatan. Untuk di jalur Jogja Wonosari sendiri juga tergolong ramai di beberapa titik, dimungkinkan kendaraan ini akan masuk ke kawasan obyek wisata yang tersebar di Gunungkidul.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan, sementara ini penjagaan dan pemantauan arus lalu lintas masih difokuskan di jalur wisata. Namun demikian jika personil dari Dinas Perhubungan dibutuhkan di jalur utama akan bergeser dan membantu rekayasa maupun mengurai kemacetan yang terjadi. Untuk arus lalu lintas di Hargodumilah sejauh ini masih tergolong lancar.

Tak hanya di jalur-jalur ramai, petygas gabungan juga disebar di beberapa jalur alternatif. Namun demikian para wisatawan diminta untuk lebih selektif dalam mencari jalur alternatif, tidak semua jalur yang ada direkomendasikan untuk dilalui. Salah satunya yakni jalur Bundelan Jurang Jero yang tidak diperbolehkan untuk dilalui.

“Untuk melewati jalur alternatif harus lebih selektif,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler