fbpx
Connect with us

Pariwisata

Hamparan Pasir Putih dan Tebing Menjulang Tinggi Jadi Suguhan Indah Pantai Karang Telu

Published

on

Panggang,(pidjar.com)–Beragam karakteristik dan pesona masing-masing pantai di Gunungkidul mampu memberikan kesan indah bagi wisatawan yang berkunjung. Salah satu pantai yang patut dijamah untuk menghabiskan libur panjang bersama keluarga atau teman adalah pantai Karang Telu, yang  terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang. Pantai yang berada hampir di ujung barat Gunungkidul ini menawarkan pesona pasir putih dan tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Wisatawan yang suka tantangan dan eksplore tempat baru, pantai ini sangatlah direkomendasikan. Pasalnya untuk sampai di pantai ini, pengujung harus melewati banyak jenis medan dan harus berjalan kaki selama beberapa saat untuk dapat menikmati indahnya pantai dan segarnya air laut.

Salah seorang pengunjung pantai Karang Telu, Untung Basuki mengatakan, suasana asri bisa didapatkan di pantai ini. Pasalnya belum ada campur tangan dari masyarakat setempat dalam pengembangannya. Untuk sampai di pantai pasir putih Karang Telu, wisatawan dapat mengendarai sepeda motor atau mobil. Sampai di kawasan Girikarto, akan ada papan penunjuk jalan yang tersedia. Pantai ini sederet dengan beberapa pantai yang ada di desa Girikarto.

Tunggu dulu, jalanan yang harus dilalui ternyata tidak semudah jalan aspal. Teman-teman wisatawan harus melewati jalur setapak dan sesekali menemui jalur bebatuan yang belum terambah pembangunan pula. Kendaraan hanya bisa dikendarai setengah perjalanan saja, untuk sampai dibibir pantai harus berjalan kaki sekitar 1 hingga 2 kilometer.

“Lelah itu pasti berkendara sepeda mitor dari pusat kota ke Panggang, dan harus lagi berjalan kaki. Tapi ndak perlu khawatir, suasana yang ada akan membuat kita lupa dengan lelah yang dirasakan. Banyak pepohonan yang dijumpai dan beberapa masyarakat yang beraktivitas di ladang mereka,” terang Untung Basuki, Sabtu (08/06/2019).

Mendekati pantai, angin laut akan begitu dirasakan silirnya. Suara deburan ombak pun mulai terdengar seolah memanggil wisatawan untuk segera mempercepat langkahnya dan sampai di bibir pantai. Benar saja, sampai di bibir pantai pengunjung akan disuguhkan dengan panorama yang luar biasa. Pantai yang benar-benar masil asli asri.

Jangan heran jika bibir pantainya hanya sempit, panjangnya mungkin hanya sekitsr 50 meter saja. Disisi barat dan timur terdapat tebing yang menjulang tinggi, sebagai pemisah pantai satu dengan yang lainnya. Airnya masih begitu jernih, biota laut yang ada pun terlihat jelas. Pengunjung yang menapakkan kaki dan berenang akan ditemani dengan rumput hijau dan ikan kecil yang berada di sekitar.

“Layaknya pantai pribadi. Kalau keterangan warga pantsi ini memang banyak ikannya, ada juga sih yang sering cari lobster,” imbuhnya.

Berada dipantai ini, pengunjung bisa mengeksplore apa yang ada di sekitarnya. Tebing-tebing tinggi yang ada seringkali dimanfaatkan untuk memancing, spot yang disuguhkan juga cukup menatang. Untuk bercamping pun juga asyik jika dilakukan bersama teman.

“Tebingnya cukup tinggi tapi bagus kok, ada sih disebelah barat satu tebing yang menurut saya seolah membentuk angka 3,” tambah dia.

Pantai yang cukup tersembunyi ini juga sangat cocok bagi penghobi foto untuk mencari momentum, misalnya saja untuk memburu sunset atau sunrise. Meski untuk sampai di tempat ini membutuhkan perjuangan ekstra dijami pengunjung akan membawa pengalaman dan kesan yang berbeda.

Pantai Karang Telu bisa menjadi alternatif bagi wisatawan untuk mengisi libur lebaran ini, jika tak ingin berkunjung ke pantai besar yang sangat ramai dan berjubel pengunjung, tidak ada salahnya jika berkunjung ke pantai yang letaknya tak jauh dari pantai Wohkudu dan beberapa pantai kecil yang tak asing ditelinga para traveler ini.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler