fbpx
Connect with us

Sosial

Habiskan Anggaran 1 Miliar, TNI Bangun Desa Banaran

Diterbitkan

pada tanggal

Playen, (pidjar.com)–Rangkaian kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa Ke-105 Reguler Tahap II Tahun Anggaran 2019 di Desa Banaran, Kecamatan Playen resmi ditutup pada Kamis (08/08/2019) pagi tadi. Adapun kegiatan berupa sasaran fisik maupun peningkatan Sumber Daya Manusia di Desa Banaran telah usai digelar oleh jajaran Kodim 0730/GK. Hadir dalam acara penutupan jajaran Forkompinda DIY, Forkompinda Kabupaten Gunungkidul serta Forkompinca Kecamatan Playen. Secara simbolis penutupan sendiri ditandai dengan pemotongan pita pada lokasi proyek pembangunan jalan cor rabat beton yang telah usai dibangun serta penandatanganan prasasti.

Kasrem 072/Pmk Kolonel Kav Puji Sutiyono sebagai pembina upacara penutupan berharap rangkaian kegiatan TMMD semacam ini akan terus berdampak berkelanjutan. Sehingga semangat kebersamaan serta gotong royong akan bisa terus terjalin antara TNI dan masyarakat. Puji juga berharap, hasil program TMMD berupa pembangunan fisik juga pendampingan peningkatan SDM masyarakat Desa Banaran terus terpelihara dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kemudian kepada Dansatgas TMMD, saya perintahkan untuk lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD agar dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang,” pesan Kolonel Puji.

Ia juga meminta kepada jajarannya, agar selalu memberikan kontribusi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sesuai dengan arti dari tema yang diusung dalam TMMD kali ini yakni “Melalui TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.”

Berita Lainnya  Acara Penggalangan Dana Bencana, Pejabat Gunungkidul Hingga Masyarakat Berbaur di Alun-Alun Pemda

“Makna yang terkandung dari tema tersebut adalah bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Diceritakannya, selama sebulan terakhir ini, para prajurit Kodam IV/Diponegoro, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat memang telah saling bahu-membahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD ke-105. Kebersamaan ini menurutnya merupakan sinergitas yang positif dalam menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara. Adapun pelaksanaan TMMD sendiri tak hanya di Kabupaten Gunungkidul melainkan juga dilakukan di sejumlah wilayah.

“TMMD Reguler ke-105 tahun 2019 ini dilaksanakan secara tersebar di berbagai wilayah diantaranya di kabupaten Tegal, Kabupaten Demak, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Gunungkidul,” ujar Kolonel Kav Puji.

Adapun TMMD di Desa Banaran sendiri sudah melakukan pembangunan sasaran fisik berupa pembangunan ataupun rehab infrastruktur, sarana transportasi berupa jalan, jembatan, saluran irigasi, renovasi pembangunan rumah ibadah, sekolah, rehabilitasi rumah tidak layak huni serta pembangunan sarana sanitasi warga. Selain pencapaian program sasaran fisik, juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan pertanian, penyuluhan peternakan serta penyuluhan kesehatan. Pihaknya mengakui pembangunan non fisik di era saat ini sangat dibutuhkan masyarakat.

Berita Lainnya  Belasan Ribu Lansia Hidup Terlantar, 3 Kecamatan Ini Jadi Penyumbang Terbanyak

“Khususnya dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa,” tandasnya.

Adapun anggaran yang dihabiskan pada kegiatan TMMD ini sendiri mencapai Rp. 1.062.000.000,-. Sumber anggaran terdiri dari APBN, APBD DIY, serta APBD Kabupaten Gunungkidul. Progam TMMD Reguler Ke-105 TA 2019 di Wilayah Kodim 0730/GK telah dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak baik intansi pemerintahan maupun swasta serta seluruh komponen masyarakat yang ada. Seluruh sasaran Fisik dan Non Fisik semua dapat tercapai sesuai dengan target dan tepat waktu yang telah di tentukan dan diharapkan dapat semua Hasil TMMD ini bisa meningkatkan Kemanungalan TNI Rakyat juga Hasil Fisik dan Non fisik bisa menambah kesejahteraan masyarakat.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler