fbpx
Connect with us

Politik

Hadirkan Calon Bupati Pada Kegiatan KB, Kepala DP3AKBPMD Disebut Bermain Api

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Foto kegiatan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana, Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD), Sudjoko yang duduk berdampingan bersama Sutrisna Wibawa dalam sebuah acara Institusi Masyarakat Pedesaan (IPM) mengundang kontroversi.  Kamis (04/09/2020). Jepretan kamera tersebut menjadi menarik karena  Sujoko sendiri merupakan ASN Kepala Dinas aktif sedangkan Sutrisna Wibawa bakal calon Bupati Gunungkidul. Hal ini mengundang reaksi dari kalangan politisi yang menganggap hal ini sebagai pelanggaran atas netralitas ASN.

Dalam sebuah foto tersebut, Sudjoko duduk berdampingan dengan Sutrisna. Karena kemarin adalah Kamis (03/09/2020) Pahing, Sudjoko mengenakan pakaian adat jawa lengkap yang memang merupakan baju dinas para ASN. Sedangkan Sutrisna mengenakan baju batik. Keduanya nampak mengenakan masker.

Ketika dikonfirmasi terkait dengan hal itu, Sudjoko membenarkan terkait dengan fotonya berkegiatan di Kampung Mas, Kalurahan Putat, Kapanewon Patuk. Ia juga membenarkan bahwa pria di sampingnya itu adalah Sutrisna Wibawa, yang merupakan calon bupati Gunungkidul. Kendati demikian, dirinya mengaku bahwa tidak ada komunikasi sebelumnya terkait dengan kedatangan Sutrisna ke acara yang rutin dilakukan setiap bulan itu.

Berita Lainnya  Ultimatum Ketua DPRD Berbuah Hasil, Gaji Ribuan ASN Akhirnya Dicairkan

“Lha pak Sutrisna datang sendiri kok, saya tidak ngundang. Dan kemarin juga belum pendaftaran (calon bupati),” terang Sudjoko ketika dikonfirmasi.

Sudjoko dan Sutrisna sendiri diketahui tidak datang bersamaan. Sudjoko mengaku bahwa dirinya datang lebih awal, sedangkan Sutrisna datang lebih akhir dalam acara yang digelar di Kampung Emas, Kapanewon Patuk itu.

“Lama (selisih waktu kedatangan Sudjoko dan Sutrisna),” singkat Sudjoko.

Disinggung mengenai apa yang dilakukan Sutrisna, Sudjoko menjelaskan bahwa Sutrisna tidak melakukan aksi kampanye. Dalam kesempatan itu, Sutrisno hanya mampir dan sedikit berbicara mengenai program Keluarga Berencana sesuai topik pertemuan. Namun ia juga menyebut bahwa dalam kegiatan itu Sutrisna meminta restu kepada warga, terkait pencalonan dirinya sebagai calon bupati.

Berita Lainnya  Puluhan Pokdarwis di Gunungkidul Cairkan Bantuan Senilai 35 Juta

“Kayaknya hanya minta doa restu,” kata Sudjoko.

Sudjoko menambahkan, Sutrisno tidak hanya datang sendiri, ia juga datang bersama kader Partai Golkar dan istri Ketua DPD Partai. Namun ia enggan menjelaskan secara rinci identitasnya.

Sudjoko membantah kabar bahwa dirinya masuk dalam struktur tim pemenangan Sutrisno-Ardi. Dirinya baru akan menentukan sikap politik setelah pensiun pada Oktober 2020 mendatang.

“Saya kan PNS, mosok jadi team pemenangan. Memang banyak yang meminta saya, karena saya juga kenal baik dengan para calon, tapi saya baru akan menentukan sikap nanti setelah saya purna,” tutup Sudjoko.

Beredarnya foto itu pun turut direspon cukup keras oleh Wakil Ketua DPRD, Heri Nugroho. Politisi Partai Golkar itu menyebut bahwa kepala dinas tengah bermain api dengan menghadirkan Sutrisna dalam kegiatan kedinasan itu.

Berita Lainnya  Surat Edaran Kementrian Agama, Tarawih Hingga Sholat Ied Berjamaah Diminta Sementara Ditiadakan

“Gak mungkin lah datang tiba-tiba, emang itu acara apaan. Kadinas sudah bermain api,” tandas Heri.

Hal ini menurutnya perlu mejadi perhatian banyak pihak. Terlebih, kegiatan tersebut merupakan acara kedinasan dan melibatkan ASN. Sebagaimana diketahui, ASN haruslah netral dalam kondisi seperti saat ini.

“Biarlah Sekda sebagai atasan Sudjoko memberikan peringatan,” pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler