fbpx
Connect with us

Pariwisata

Halau Serbuan Wisatawan, Area Penyekatan Jalur Wisata Diperluas

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Menyusul dengan masih banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul, Tim Pengendalian Pengawasan Penegakan Hukum (Dalwas Gakkum) kini memperluas wilayah penjagaan, khususnya di objek wisata. Masih ramainya kawasan pantai selatan dan adanya insiden kecelakaan yang menimpa rombongan wisatawan di kawasan Goa Tanding, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo menunjukkan bahwa upaya penyekatan yang saat ini dilakukan tidak maksimal.

Kepala Bidang Penegakan Perda, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Gunungkidul, Sugito, mengungkapkan, penjagaan obyek wisata selama ini memang terfokus di kawasan pesisir selatan Gunungkidul. Hal tersebut tak lepas dari minat wisatawan berkunjung ke pantai yang saat ini terus membesar. Setiap akhir pekan, ribuan wisatawan dihalau petugas agar tidak masuk ke kawasan pantai.

Namun kemudian, disadari bahwa diperlukan adanya perluasan pengawasan yang dilakukan. Kecelakaan bus yang membawa rombongan wisatawan usai berkunjung ke Goa Tanding menjadi salah satu parameter utama perlunya hal tersebut.

“Bukan hanya diperluas ya, tapi juga penjagaannya diperketat karena objek wisata kan masih tutup,” ujar Sugito, Selasa (21/09/2021) petang.

Dalam pelaksanaannya, Sugito mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki kendala, salah satunya adalah faktor sumber daya manusia. Jika dibandingkan dengan luas kawasan wisata Gunungkidul, jumlah petugas yang berasal dari Tim Dalwas Gakkum dapat dibilang sangat minim. Ia menyampaikan jika dalam penjagaannya agar aturan dapat dipatuhi, pihaknya perlu berkoordinasi dengan berbagai pihak. Namun hal itu tak menyurutkan kegiatan patroli dalam antisipasi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata.

“Kemarin kita patroli ke Kapanewon Playen, Paliyan, Saptosari dan Panggang. Hasilnya masih direkap anggota,” sambungnya.

Ia menegaskan jika pihaknya hanya menjalankan aturan yang berlaku terkait dengan PPKM. Yang mana seluruh objek wisata masih belum diperbolehkan untuk buka. Dalam melaksanakan pengawasan, Tim Dalwas Gakkum senantiasa bersiaga di pintu-pintu masuk kawasan wisata khusunya wisata pantai yang menjadi incaran wisatawan.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono, mengungkapkan pihaknya menyesalkan adanya objek wisata yang memperbolehkan wisatawan berkunjung. Menurut aturan, objek wisata masih ditutup untuk sementara hingga diperbolehkan dibuka kembali. Sedangkan di Gunungkidul, masih belum diberikan lampu hijau untuk melakukan uji coba pembukaan kawasan wisata.

“Kecelakaan bus wisatawan di gua tanding menjadi pelajaran untuk semua pihak. Wisata kan masih ditutup,” ungkapnya.

Sementara KBO Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Risyanto menyatakan bahwa kepolisian siap untuk melaksanakan operasi penyekatan di kawasan wisata. Sesuai dengan keputusan pemerintah, obyek wisata di Gunungkidul masih ditutup. Sehingga kemudian pihaknya akan melakukan penyekatan di titik-titik yang sekiranya dilalui oleh wisatawan.

“Kita akan lakukan penyekatan di jalur wisata,” tutup dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler