fbpx
Connect with us

Sosial

Harga Bawang Putih Terus Melambung, Virus Corona Diduga Jadi Penyebab

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkkdul maskh menunggu kebijakan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta terkait strategi dalam mengantisipasi melambungnya harga bawang putih. Seperti yang diketahui, Pemda DIY saat ini telah memiliki Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk menyetabilkan harga kala kebutuhan meroket.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Virgilio Soriano mengatakan, hingga Jumat (14/02/2020) ini, harga bawang putih di pasaran masih tinggi. Kenaikan harga sendiri sudah terjadi berminggu-minggu.

“Harga bawang putih di pasar-pasar masih stabil dengan harga tinggi, seperti sebelumnya diharga Rp60.000 /kg untuk jenis biasa dan jenis kating kisaran Rp70.000/kg,” kata dia.

Pihaknya setiap harinya telah melakukan pemantauan di pasar. Ia menyebut, salah satu hal yang membuat harga bawang putih ini melambung yakni mewabahnya virus corona.

Berita Lainnya  Pungutan Biaya Parkir Ganda di Pantai Sadranan Belum Terurai, Status Lahan Pun Masih Gelap

“Karena terkait isu mewabahnya corona secara ekonomis berdampak, suplai dari China berkurang, sehingga pengaruh dari penawarannya. Perkembangan saat ini memang ada penurunan stok masuk,” jelas Virgilio.

Pihaknya pun hingga kini belum memiliki agenda untuk melakukan operasi pasar dalam mengantisipasi kenaikan harga tersebut. Namun demikian, Virgilio memastikan bahwa dinas terus melakukan monitoring komoditi bawang putih di pasaran.

“Kebijakan operasi pasar dari Disperidag DIY, kami melaporkan Disperidag yang menentukan,” imbuh dia.

Dalam hal suplai bawang putih, Virgilio mengaku, selama ini Gunungkidul sangat bergantung ke DIY terkait pasokan bawang putih. Selain itu, Gunungkidul juga mengandalkan pasokan dari luar DIY seperti Muntilan dan Solo, hingga wilayah Jawa Tengah lainnya. Selain menunggu kebijakan DIY, pihaknya juga berharap ada stok bawang putih dari nasional untuk disuplai ke daerah-daerah.

Berita Lainnya  Lindungi Petani Dari Permainan Harga Tengkulak, Pemerintah Akan Bangun Bangsal Pasca Panen

“Stok lokal kita tidak memenuhi. Kita juga berharap agar ada kebijakan nasional dalam menstabilkan stok seperti menggelontorkan bawang putih ke daerah-daerah,” tandas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler