fbpx
Connect with us

Politik

Hingga Batas Akhir Pendaftaran Calon Bupati Independen, Hanya 2 Pasangan Kumpulkan Berkas

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Penyerahan berkas bagi bakal calon kepala daerah yang maju melalui jalur independen telah ditutup oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul. Hingga batas waktu terakhir, hanya ada 2 bakal calon yang mengirimkan berkas dukungan sesuai dengan syarat yang ditentukan. Sementara 2 bakal calon lainnya yang sempat mendaftar hingga batas akhir waktu tidak mengumpulkan berkas dukungan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani menjelaskan, pada tanggal 23 Februari 2020 kemarin merupakan hari terakhir penyerahan berkas dukungan. Untuk calon pasangan independen, Anton Supriyadi yang berpasangan dengan Suparno beberapa waktu lalu telah mengunci jumlah dukungan di aplikasi Silon sebanyak 51.340 dukungan. Dalam proses penyerahan, tim pasangan Anton-Suparno juga menyerahkan daftar dukungan yang sama. Namun setelah dilakukan pencermatan dan pengecekan, hanya 46.169 yang dinyatakan lolos sesuai persyaratan.

Berita Lainnya  Ada Provokasi, TKD Jokowi Amin Siap Lapor Balik

“Ada berkas yang tidak lengkap. Misalnya kurang surat pernyataan dukungan, tidak ada fotokopi KTP elektronik maupun tandatangan pendukung. Jadi ada pengurangan berkas,” kata Ahmadi ruslan Hani, (24/02/2020).

Lebih lanjut ia memaparkan, pasangan kedua yang telah menyerahkan berkas di mendekati detik-detik terakhir adalah Kelik Agung Nugroho yang berpasangan dengan Yayuk Kristiawati. Keduanya menyerahkan dokumen persyaratan sebanyak 46.879 dukungan. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari 18 kecamatan yang tersebar di Gunungkidul.

“Untuk pasangan Agung Nugroho dengan Yayuk Kristiawati sekarang ini sedang proses pengecekan dokumen yang dilampirkan dalam proses penyerahan kemarin. Bisa saja berkurang jika ada berkas yang tidak lengkap,” imbuhnya.

Tahapan yang harus dilalui oleh masing-masing pasangan yakni nantinya ada verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Meski jumlah dukungan tergolong aman, akan tetapi bisa saja gugur jika dalam verifikasi yang dilakukan tidaklah lolos.

Berita Lainnya  Tunggu Juknis, Rekruitmen PPK dan PPS Molor

“Belum bisa dipastikan karena masih ada tahapan lainnya,” imbuhnya.

Disinggung mengenai dua pasangan lain yang hingga batas waktu terakhir tidak mengumpulkan berkas, ia mengatakan jika pasangan Budi Oetomo dengan Sri Mulyani telah menyampaikan mundur dari proses ini lantaran suatu hal.

Sementara pasangan Suroto-Sri Rahayu sampai akhir penyerahan belum memberikan keterangan. Namun beberapa hari lalu pasangan ini telah mengunci dukungan pada aplikasi silon dengan jumlah dukungan mencapai puluhan ribu.

“Belum ada keterangan lanjutan dari yang bersangkutan atau tim yang diberi mandat,” ujar dia.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Budi Oetomo mengatakan pada wartawan jika ia dan pasangan menyatakan mundur dari proses pasangan independen. Budi Oetama menyebut alasan mundur adalah karena alasan keluarga. Sehingga kemudian pihaknya menghentikan proses penjaringan dukungan.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler