fbpx
Connect with us

Peristiwa

Hujan Sepanjang Sore Kemarin Sebabkan Longsor dan Pohon Tumbang

Published

on

Semin,(pidjar.com)–Peristiwa bencana alam terjadi di Bumi Handayani pada Kamis (07/01/2021) kemarin. Tepatnya pada Kamis sore sekitar pukul 16.00 WIB, talud akses jalan Pucung (04/06), Candirejo, Semin longsor. Akibatnya kerugian sendiri mengalami jutaan rupiah.

Kepala BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sejumlah wilayah Gunungkidul Kamis kemarin. Salah satunya di Kapanewon Semin, sehingga menyebabkan talud dengan tinggi 3 meter dan panjang 30 meter longsor.

“Banginan drainase yang ada tidak mampu menampung derasnya aliran air kemudian meluap ke jalan mengikis tanah, akibatnya longsor,” jelas Edy, Jumat (08/01/2022).

Edy menambahkan, tidak ada korban dalam peristiwa ini. Namun begitu, kerugian mencapai Rp. 3 juta.

“Warga bersama perangkat dan aparat saat ini tengah melakukan kerja bakti,” kata dia.

Di lokasi lain, tepatnya di Padukuhan Soka (32/09), Kalurahan Ngoro-oro, Kapanewon Patuk, sebatang Pohon Petai dengan diameter 133 centimeter dan tinggi 9 meter roboh menimpa rumah Tugiman (40). Pohon tumbang sendiri disebabkan oleh hujan dan juga angin yang cukup kencang.

“Lokasi pohon berada di halaman belakang rumah Tugiman, kemudian saat hujan dan angin bertiup cukup kencang pohon tumbang menimpa rumah,” papar Edy.

Edy mengatakan, atap ruang tengah rumah dan juga kamar yang berada di bagian paling belakang rumah rusak. Tak hanya itu sejumlah perabot elektronik juga mengalami kerusakan seperti televisi dan mesin jahit.

“Saat kejadian pemilik rumah berada di depan rumah, adapun kerugian jika ditaksir mencapai Rp. 10 juta,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat selalu waspada dengan musim penghujan yang terjadi saat ini. Bulan Januari ini diperkirakan akan terjadi puncak musim hujan.

“Seandainya ada pohon dekat rumah yang mulai lapuk sudah sebaiknya ditebangi,” pungkas Edy.

 

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler