fbpx
Connect with us

Peristiwa

Konfirmasi Positif Gunungkidul Capai Rekor Tertinggi Dalam Sehari

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Ledakan jumlah kasus covid di Kabupaten Gunungkidul kembali terjadi. Kamis (07/01/2021) Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat ada tambahan 55 orang terkonfirmasi virus corona. Jika dibandingkan dengan tambahan di hari-hari sebelumnya, hari ini menjadi yang tertinggi selama pandemi. Berdasarkan pemetaan, Kapanewon Playen mendominasi pertambahan kasus anyar.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, tambahan kasus pada hari ini menjadi yang paling banyak. Faktornya juga sangat beragam, ada yang kontak langsung dengan orang terkonfirmasi positif sebelumnya dan ada beberapa faktor lain. Namun demikian kontak erat tersebut menjadi faktor yang sangat mendominasi.

Berdasarkan data yang ada, di Kapanewon Playen kasus tambahan sebanyak 20 orang. Diantaranya laki-laki 27 tahun, laki-laku 23 tahun, anak perempuan 16 tahun, laki-laki 27 tahun, anak perempuan 12 tahun, anak laki-laki 17 tahun, laki-laki 34 tahun. Wanita 71 tahun, laki-laki 68 tahun, anak perempuan 6 tahun, anak perempuan 16 tahun, wanita 40 tahun, laki-laki 41 tahun, anak laki-laki 14 tahun

Wanita 43 tahun, laki-laki 36 tahun, anak perempuan 8 tahun, wanita 36 tahun, laki-laki 32 tahun, dan laki-laki 81 tahun (riwayat dalam pelacakan).

Kemudian Kapanewon Panggang terdapat 3 kasus anyar yaitu wanita 61 tahun riwayat kontak erat, laki-laki 60 tahun riwayat raktif rapid tes, dan wanita 61 tahun riwayat reaktif rapid tes. Kapanewon Patuk 2 orang yaitu laki-laki 50 tahun pelaku perjalanan, wanita 23 tahun kontak erat dengan konfirmasi positif sebelumnya.

“Dari tambahan kasus ini ada banyak klusternya, mayoritas memang kluster keluarga,” ucap Dewi Irawaty.

Kemudian di Kapanewon Karangmojo meliputi laki-laki 56 tahun (pelacakan), laki-laki 56 tahun (pelacakan), laki-laki 23 tahun pelaku perjalanan, wanita 53 tahun kontak erat, laki-laki 49 tahun, dan laki-laki 24 tahun.

Kemudian di Semin, wanita 71 tahun (pelacakan), wanita 21 tahun, wanita 21 tahun, wanita 61 tahun, wanuta 76 tahun (pelacakan), dan wanita 39 tahun. Di Ponjong wanita 77 tahun riwayat masih dilacak.

Di Wonosari mereka yang terkonfirmasi karena ada kontak dengan pasien positif sebelumnya. Mereka diantaranya laki-laki 31 tahun, laki-laki 51 tahun, wanuta 48 tahun, anak laki-laki 10 tahun, laki-laku 20 tahun, laki-laki 50 tahun, wanita 35 tahun, dan laki-laki 60 tahun.

“Di Semanu ada dua yaitu wanita 20 tahun dam wanita 40 tahun, riwyat kontak pasien positif,”sambung Dewi.

Selanjutnya laki-laki 51 tahun dari Kapanewon Gedangsari, laki-laki 22 tahun dari Gedangsari, wanita 45 tahun dari Saptosari, laki-laki 48 tahun dari Saptosari dengan riwayat kontak erat. Kemudian di laki-laki 83 tahun dari Tanjungsari dan laki-laki 66 tahun dari Paliyan riwayat dalam pelacakan

“Laki-laki 70 tahun dari Kapanewon Playen (kontak konfirmasi), wanita 59 tahun dari Kapanewon Semanu (pelacakan), dan anak perempuan 10 bulan dari Kapanewon Playen pelacakan meninggal dunia,” paparnya.

Kasus sembuh sendiri pada hari ini terlaporkan 3 orang yaitu wanita 27 tahun, bayi 3 bulan, laki-laki 25 tahun mereka dari Kapanewon Playen.

Total ada 1.004 orang terkonfirmasi positif covid selama periode Maret sampai saat ini. Kemudian 643 orang dinyatakan sembuh, 325 masih dalam perawatan medis dan 36 orang meninggal dunia bahkan ada nakes yang diketahui meninggal akibat virus ini. Total sepesimen yang telah fiambil selama ini 11.011 dengan rincian 9.454 dinyatakan negatif.

“Dari 325 orang dalam perawatan itu 291 orang menjalani isolasi mandiri. Berkaitan dengan ketersediaan ruangan di rumah sakit sementara cukup karena Rumah Sakit Swasta juga sudah ikut merawat pasien covid-19,” ucap Dewi.

Pihaknya menghimbau agar dalam penerapan protokol kesehatan lebih diperketat lagi, terlebih sekarang ini kegiatan mulai diselenggarakan seperti biasa. Ia juga menekankan kepada masyarakat tidak boleh panik dalam menyikapi bertambahnya orang terkonfirmasi

“Jaga jarak, penggunaan masker, dan cuci tangan ini sangat penting. Dengan adanya kejadian selama ini tidak boleh lengah,” pungkas dia

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler