fbpx
Connect with us

Peristiwa

Hujan Kemarin Sore, Pohon Tumbang Rusak 2 Rumah Warga Putat

Published

on

Patuk,(pidjar.com)—Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi nampaknya akan terjadi di wilayah Gunungkidul. Kondisi ini bisa saja mengakibatkan bencana, seperti yang terjadi di Padukuhan Putat II (35 /09), Desa Putat, kecamatan Patuk, pada Selasa (21/01/2020) kemarin. Sebuah pohon jati berukuran agak besar tiba-tiba tumbang sehingga menimpa bangunan milik warga sekitar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, dua rumah tersebut diketahui milik Suyatmi dan Tri Juwanti warga setempat. Pohon jati berusia belasan tahun tersebut berada tak jauh dari dua rumah tersebut.

“Hujan memang cukup deras disertai angin kencang kemudian pohon jati di sebrang jalan dekat kedua rumah tersebut roboh menimpa rumah,” jelas Edy saat dikonfirmasi, Rabu (22/01/2020).

Beruntung saat kejadian, penghuni rumah berada di ruang yang tak terkena dampak robohan pohon. Atas kejadian ini, kedua pemilik rumah tersebut mengalami kerugian hingga Rp. 2,5juta.

Melihat situasi ini, warga setempat datang ke lokasi kejadian dan memberikan informasi kepada FPRB Desa Putat. Petugas dibantu warga untuk membersihkan puing-puing reruntuhan.

“Pohon kemudian dipotong menggunakan gergaji, warga membantu mengevakuasi dampak reruntuhan,” tambah Edy.

Saat musim penghujan seperti saat ini, pihaknya mengimbau masyarakat agar selalu mewaspadai dampak dari angin dan hujan lebat. Ia meminta masyarakat selalu melakukan pemotongan pohon yang sekiranya dekat dengan pemukiman.

“Sehingga kejadian semacam ini yang menimbulkan kerugian bisa diminimalisir,” tandas Edy.

Rabu siang ini, hujan huja terjadi di wilayah kecamatan Wonosari dan sekirtarnya. Untuk intensitasnya sendiri tergolong tidak terlalu deras, kendati demikian warga tetap di himbau untuk berhati-hati dan tetap waspada.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler