fbpx
Connect with us

Olahraga

Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian

Published

on

Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 157
Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 158 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 159 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 160 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 161 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 162 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 163 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 164 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 165 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 166 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 167 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 168 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 169 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 171 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 172 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 173 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 174

Wonosari,(pidjar.com)–Selain memiliki potensi wisata yang beragam, Kabupaten Gunungkidul sebenarnya juga memiliki potensi atlet-atlet berprestasi bahkan di tingkat nasional. Namun sayangnya, potensi yang ada ini seringkali hilang lantaran kurangnya perhatian dari pemerintah dan belum adanya fasilitas memadahi serta mumpuni.

Akibat keterbatasan yang ada itu, tak jarang atlet dan pelatih dengan prestasi itu justru lebih memilih keluar Gunungkidul dan menggantungkan keahlian mereka. Atau ada pula yang lebih memilih mengembangkan sayap dan membela di daerah lain. Hal ini menjadi sebuah ironi tersendiri, perlu adanya pemecahan bersama antara pemerintah, instansi terkait, serta dari masing-masing atlet.

Sekretaris Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Gunungkidul, Heri Santoso tidak memungkiri bahwa Gunungkidul bisa dikatakan sebagai gudangnya atlet di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pemicunya sendiri cukup beragam, mulai dari ketertarikan terhadap dunia olahraga ataupun memang didikan sejak dulu bahwa orang Gunungkidul dikenal sebagai orang yang ulet, pekerja keras dan lainnya.

Namun memang, kondisi ini belum begitu diimbangi dengan perhatian pemerintah yang maksimal. Dicontohkan, Bumi Handayani memiliki garis pantai kurang lebih 72 km dari Purwosari sampai Girisubo, sebenarnya bibir pantai yang agak luas cocok untuk kegiatan olahraga seperti Voli Pasir atau Voli Pantai. Atlet-atlet dan pelatih dengan jam latihan padat yang diakui hingga nasional sebenarnya ada di Gunungkidul.

Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 175 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 176 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 170

Namun sayangnya potensi tersebut belum dimanfaatkan dengan baik. Sehingga pantai yang ada hanya sekedar obyek wisata saja, masih belum bisa melebar untuk menunjang kegiatan olahraga.

Hanya di Pantai Sepanjang itu. Tapi juga tidak mesti digunakan. Voli pantai (pasir) kita sebenarnya bagus, unggul jika dibandingkan dengan voli in door,” kata Heri Santoso.

Hal itu sangat perlu disikapi, agar atlet-atlet ini mendapat perhatian dan mereka memiliki alur yang jelas kedepannya. Sehingga atlet dari Gunungkidul tidak lagi dibajak ataupun kabur ke daerah lain untuk mengembangkan kemampuan dan menunjukkan skill mereka.

“Memang betul sekarang ini perhatian pemerintah ada, tapi itu kurang. Diakui atau tidak, banyak pelatih dan atlet yang justru bergabung ke daerah lain dengan artian tidak membela Gunungkidul dalam kompetisi. Padahal jelas mereka adalah warga Gunungkidul,” ucapnya.

Sebenarnya ada beragam cabang olahraga di Gunungkidul yang memiliki potensi besar dan telah mencetak atlet ternama. Seperti misalnya yang unggul adalah cabor atletik, bela diri, sepak bola, dan beberapa jenis lainnya.

Disinggung mengenai siapa sebenarnya yang memiliki tanggungjawab dalam menghidupkan dan memperhatikan olahraga, ia mengatakan jika semua lini memiliki porsi yang sama. Baik pemerintah, KONI, Pengurus Cabang Olahraga Kabupaten (pengkab), dan atlet memiliki peranan penting.

“Semua harus terlibat didalamnya. Ada porsi-porsi yang harus dipenuhi, misalnya saja fasilitas latihan yang mempuni, memadahi dan standar. Gunungkidul belum ada, banyak dari mereka latihan,” imbuh Heri.

Tahun 2020 ini bisa saja menjadi evaluasi yang besar untuk dikemudian hari membawa perubahan. Seharusnya 2021 kedepan bisa menjadi langkah eksekusi untuk membangkitkan dunia olahraga Gunungkidul.

Lebih lanjut ia mengungkapkan berkaitan dengan perhatian pemerintah sebenarnya sangat diperlukan sekali oleh para atlet dalam menentukan langkah. Di lapangan sendiri, banyak atlet berprestasi yang kemudian meninggalkan keahlian dan kemampuannta dibidang olahraga karena merasa tidak tahu arah dan tidak ada wadah untuk menampungnya.

Untuk itu, sejak beberapa tahun lalu pemerintah mulai intens melakukan komunikasi dan mengambil sikap untuk memberikan space tersendiri bagi atlet. Salah satu yang diberikan adalah, adanya plot tersendiri bagi atlet berprestasi untuk mengikuti rekruitmen THL ataupun CPNS.

Ini yang masih perlu ditingkatkan kembali. Agar mereka bisa ikut membangun daerah dengan potensi yang mereka miliki,” pungkas dia.

Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 178 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 179 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 180 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 181 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 182 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 183 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 184 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 185 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 186 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 187 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 188 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 189 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 190 Jaga Tetap Berprestasi di Bumi Handayani, Atlet Gunungkidul Butuh Perhatian 191

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler