fbpx
Connect with us

Olahraga

Pemerintah Tunda Pembangunan Sport Center, Bagaimana Nasib Gunungkidul Jadi Tuan Rumah Porda?

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah memastikan akan menunda proses pembangunan sport center di wilayah Kapanewon Wonosari. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki daerah. Pembatalan pembangunan ini pun memicu kekhawatiran berbagai pihak, pasalnya Gunungkidul rencananya akan menjadi tuan rumah Porda pada 2023 mendatang.

Kasubid Lingkungan Hidup dan Pekerjaan Umum Bappeda Gunungkidul, Nurudin Araniri mengatakan, tahap lanjutan realisasi pembangunan sport center pada tahun 2020 dan 2021 terpaksa ditunda. Hal ini dilarenakan keterbatasan anggaran pemerintah Kabupaten Gunungkidul akibat pandemi covid-19.

“Karena pandemi ini, sehingga anggaran terbatas. Rencananya memang akan dimulai tahun ini prosesnya tapi ditunda dulu,” terang Nurudin Araniri, Kamis (03/12/2020).

Adapun tahun 2020 seharusnya merupakan realisasi kajian lingkungan Amdal. Mulanya, pemerintah telah menganggarkan dana sekitar 400 juta rupiah untuk hal tersebut. Namun kemudian dilakukan refocusing untuk penanganan covid-19. Begitu pula dengan tahun 2021 mendatang, tahapan pembebasan lahan terpaksa dibatalkan.

“Kalau pembebasan lahan itu belum masuk perencanaan dan pembahasan,” ujarnya.

Lanjut Nurudin, pembebasan lahan dilalui dengan beberapa tahap mulai dari identifikasi, inventarisasi, rencana pengadaan lahan, appraisal dan pembayaran. Rencananya tahapan ini baru akan dilanjutkan pada 2022 mendatang seiring dengan penganggaran yang digarapkan mulai normal kembali.

Disinggung mengenai tujuan sport center sendiri ia mengungkapkan untuk memberikan tempat yang nyaman dan memadahi bagi atlet di Gunungkidul untuk berlatih bidang olahraga yang mereka geluti. Disisi lain juga merupakan persiapan Porda 2023 mendatang, namun seiring dengan kondisi pemerintah terpaksa harus mengambil kebijakan penundaan tersebut.

“Anggaran yang terbatas dan waktu yang mepet untuk persiapan Porda ini akan disikapi dan dilakukan dengan cara lain. Sekarang masih dalam pembahasan,” paparnya.

Hal yang tak jauh berbeda juga diungkapkan oleh Kepala Bappeda Gunungkidul, Sri Suhartanta. Menurutnya anggaran pemkab Gunungkidul masih difokuskan untuk pemulihan ekonomi dampak covid-19, melanjutkan kegiatan yg tertunda seperti Rumah Sakit Pratama di Bedoyo (sekarang Puskesmas Ponjong 2) dan melanjutkan gedung BPBD di Siraman yang juga sempat tertunda th 2021 dianggarkan kembali. Untuk kesehatan juga masih fokus pd penanganan Covid-19 mengingat masa tanggap darurat.

“Kita upayakan persiapan akan dilanjutkan tahun 2022 mendatang,” ujar Sri.

Khusus untuk Stadion Handayani tahun 2021 mendatang mendapat perhatian dari pemerintah untuk rehab tribun. Anggaran yang dialokasikan sebanyak 300 juta rupiah.

“Hanya tribun saja belum meluas,” pungkas dia.

Sementara itu, Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Gunungkidul, Heri Susanto mengatakan bahwa KONI telah mendengar adanya penundaan pembangunan tersebut. Namun demikian, hingga Senin kemarin pihaknya belum mendapat keterangan secara resmi.

“Kita sudah dengar mengenai penundaan itu tapi belum ada pemberitahuan secara formal,” ucap Heri.

Sport center sendiri dimaksudkan sebagai wadah para atlet Gunungkidul untuk mengembangkan bakat dan prestasi. Mengingat selama ini belum ada tempat latihan yang sesuai standar. Harapan besar memang ditaruh oleh KONI, Pengkap, dan para atlet dengan adanya pembangunan tempat tersebut.

“Itu juga sebagai persiapan jadi tuan rumah Porda 2023 mendatang. Kebetulan kemarin dinas minta data pengkap mungkin itu akan jadi evaluasi dan data penundaan,” paparnya.

“Harapan kami tentu besar sekali agar atlet memiliki tempat yang sesuai saat berlatih sehingga tidak perlu jauh-jauh,” imbuhnya.

Pada tahapan lalu, DED dan Master Plan sebenarnya telah ada. Pada perencanaannya, sport center ini akan dibangun di sekitar stadion Gelora Handayani ke arah utara dan timur. Lahan yang akan dibebaskan sekitar 40 hektar, terdiri dari berbagai status lahan.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler