fbpx
Connect with us

Sosial

Jalin Silaturahmi dan Ajang Kasih, Alumni SD N Pragak Gelar Reuni Akbar

Diterbitkan

pada

BDG

Semanu,(pidjar.com)–  Alumni Sekolah Dasar (SD) Negeri Pragak, Kalurahan Semanu, Kapanewon Semanu menyelenggarakan reuni akbar dari angkatan 1967 sampai dengan 2018, Minggu (23/04/2023). Sejumlah kegiatan sosial diadakan untuk semakin merekatkan persaudaraan dan silaturahmi antar angkatan.

Ketua Reuni Akbar, Sukardi mengatakan, reuni akbar ini sebagai wadah untuk bersilaturahmi dengan sesama angkatan. Adapun sebagai bentuk kontribusi para alumni dalam pembangunan sekolah agar sarana prasarananya lebih memadai adalah dengan diberikannya sumbangan untuk pembangunan mushola, taman dan beberapa komponen lainnya.

Dana yang digunakan untuk kegiatan ini merupakan dana saweran antar alumni yang terkumpul hingga Rp 60 juta. Selain untuk pembangunan, dana yang terkumpul juga digunakan untuk pemberian tali asih terhadap pensiunan guru di sekolah tersebut, sejumlah tokoh yang berkontribusi dalam pendidikan di padukuhan tersebut, anak yatim, hingga lansia yang dirasa kurang mampu.

Berita Lainnya  Kisruh PTSL di Watusigar, Dari Potensi Sertifikat Ganda Hingga Tanah Negara Bersertifikat Pribadi

“Mungkin tidak banyak yang tahu jika dulu sebelum memiliki gedung permanen, pendidikan di padukuhan Pragak, Bendorejo dan sekitarnya ini sempat menempati beberapa rumah warga. Pada reuni akbar ini kami juga berikan semacam penghargaan bagi keluarga yang dulu rumahnya digunakan sebagai tempat belajar (sekolah),” ujar Sukardi.

Selain itu, juga diadakan bazar UMKM milik warga sekitar, pemeriksaan gratis, hingga baksos sembako. Adapun acara ini dihadiri oleh ratusan alumni SD Negeri Pragak dari lintas angkatan.

“Kami berdayakan UMKM yang ada di sini, jadi ekonomi juga berjalan. Kami memang sengaja memilih setelah lebaran karena ada momentum para mudik, perputaran uang baik pernatau maupun warga sini juga terjadi di acara ini,” tambah dia.

Berita Lainnya  Pembangunan Peternakan Tonggor Gunakan Pekerja Luar Daerah, Warga Gelar Demo dan Blokir Jalan

“Ya semacam napak tilas atau mengenang bagaimana dulu kami mengenyam pendidikan. Juga untuk menjaga silaturahmi antar alumni, alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan Bapak Bupati berkenan hadir ditengah padatnya kegiatan setelah lebaran ini,” imbuh Sukardi.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para alumni SD Negeri Pragak ini. Tak hanya pemerintah yang berperan dalam pembangunan, namun alumni juga bisa berkontribusi agar sekolah yang telah meluluskan siswa siswi dapat lebih maju kembali.

“Tentu saya sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan ini. Nampaknya ini agak banyak yang perantauan, besar harapan saya perantau bisa berpartisipasi dalam mengembangkan dan memajukan ekonomi Gunungkidul, atau minimal daerah kelahiran masing-masing,” papar dia.

“Potensi Gunungkidul luar biasa harus digarap dengan baik agar ekonomi semakin baik. Saya juga berpesan kepada anak-anak yang masih mengenyam pendidikan milikilah cita-cita yang setinggi mungkin agar nantinya bisa turut membangun tanah kelahiran,” tutup Bupati.

Berita Lainnya  Barber Shop Bermunculan, Bagaimana Pangkas Rambut Madura Bersaing?

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler