fbpx
Connect with us

Sosial

Jamaah MTA Gunungkidul Selenggarakan Sholat Idul Adha Hari Ini

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Ratusan jamaah Majelis Tafsir Alquran (MTA) di Gunungkidul menggelar Sholat Hari Raya Idul Adha hari ini, Minggu (16/5/2024). Beberapa menyelenggarakan sholat di kantor cabang, seperti halnya jamaah MTA di Kapanewon Wonosari melakukan sholat di halaman kantor cabang yang berada di Pakelrejo, Piyaman, Kapanewon Wonosari

Ketua Cabang MTA Wonosari, Zuhri mengatakan, pelaksanaan sholat Idul adha yang terhitung satu hari lebih awal dibandingkan dengan pelaksanaan sholat yang dilakukan oleh pemerintah. Menurutnya penyelenggaraan sholat ini berdasarkan pelaksanaan wukuf di Makkah.

“Hari ini kami melaksanakan Sholat ini sesuai dengan apa yang sudah dilaksanakan, berkaitan dengan ibadah haji,” ujar Zuhri.

Adapun Sholat Idul Adha sendiri digelar pada pukul 06.15 WIB. Sedikitnya ada sekitar 400 jamaah yang ikut serta dalam sholat, mereka berasal dari beberapa wilayah seperti Semanu, Playen, Paliyan dan lainnya.

Meskipun sholat digelar hari ini namun penyembelihan akan digelar besok Senin (17/6/2024). Penyembelihan ternak akan dilakukan di kantor cabang Ngawen dengan jumlah 58 ekor sapi dan 58 ekor kambing. Nantinya akan dibsgikan ke warga serta jamaah majelis.

Berita Lainnya  Tak Pernah Dikelola Pemerintah, Warga Minta Bangunan Hunian Tetap Dirobohkan

Sedangkan jamaah Masjid Aolia yang berpusat di Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul, yang biasanya melaksanakan sholat hari raya lebih awal dari pelaksanaan pemerintah atau nasional untuk kali ini membersamai keputusan pemerintah.

Salah satu menantu K.H. Ibnu Hajar Sholeh Pranolo atau akrab disapa Mbah Benu, Daud mengatakan perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah. Nantinya sholat Idul Adha akan dilakukan di masjid masing-masing. Sedangkan aula rumah milik mbah Benu tidak digunakan untuk sholat Idul Adha.

“Seluruh Jamaah Masjid Aolia semua sholat hari Senin (17/6/2024). Sesuai dengan tanggal nasional,” kata Daud.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler