fbpx
Connect with us

Sosial

Jaring Atlet Unggulan, PDBI Gunungkidul Selenggarakan Kejurkab Drumband

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Kabupaten Gunungkidul menggelar kejuaraan kabupaten (Kejurkab) di Stadion Gelora Handayani. Ajang bergengsi tingkat kabupaten ini dimulai sejak 26 Mei sampai dengan 1 Juni 2023 mendatang yang diikuti oleh 88 satuan dari berbagai tingkatan.

Ketua PDBI Gunungkidul, Bahron Rasyid mengungkapkan salah satu tujuan digelarnya Kejurkab drumband ini sebagai bahan evaluasi hasil latihan tim-tim drumband di Gunungkidul selama 1 tahun terakhir ini. Selain itu, diharapkan dengan kompetisi ini, bisa digunakan untuk membina bibit muda pemain drumband berprestasi.

“Harapan kami untuk mencetak atau melahirkan atlet-atlet baru yang unggul dan berprestasi. Perlu diketahui, drum band merupakan cabang olahraga bukan seni,” ujar Bahron Rasyid.

Berita Lainnya  Bocah 10 Tahun Meninggal Akibat DBD, Dinkes Terjunkan Personel ke Sambirejo

Kejurkab ini diadakan diadakan pada 26, 27 dan 28 Mei 2023. Kemudian akan dilanjutkan lagi pada 1 Juni 2023 mendatang. Antusias sekolah di Gunungkidul pun begitu luar biasa baik dari tingkatan TK, SD, SMP, hingga SMA maupun SMK.

“Ada 88 satuan dengan 123 kelompok yang berpartisipasi mengikuti Kejurkab drumband dengan jumlah atlet yang berpartisipasi sekitar 4.000 pelajar di Gunungkidul,” imbuh dia.

Olahraga drumband di Gunungkidul menurutnya sekarang sudah banyak peminatnya, berbeda dengan belasan tahun lalu. Dimana tidak semua sekolah memiliki satu set peralatan ini. Dulu hanya beberapa sekolah ternama yang memiliki peralatannya dsn memiliki tim atau kelompok drumband.

“Kalau sekarang sudah berbeda ya. Bahkan sekolah-sekolah pinggiran juga banyak kok yang mengirimkan kelompok mereka,” kata Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Gunungkidul ini.

Berita Lainnya  Trend Mulai Berubah, 30 Kasus Bunuh Diri Terjadi di Gunungkidul Sepanjang 2020

Ia menjelaskan ada beberapa nomor atau kategori yang menjadi penilaian oleh para juri. Nantinya evaluasi-evaluasi juga akan diberikan pada masing-masing kelompok, dengan harapan nantinya akan semakin lebih baik.

“Kejurkab ini setiap tahun diadakan oleh PDBI. Atlet-atlet cilik dan remaja ini dibentuk mulai dari kepribadian, ketaatan, kedisipilinan, dan kebersamaan. Mudah-mudahan 5 tahun yang akan datang menjadi atlet mudah-mudahan menjadi atlet nasional secsra kontinue terbentuk industri olahraga khususnya drumband di Gunungkidul. Mengingat cabor drumband merupakan yang terbaik di daerah ini,” pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler