fbpx
Connect with us

Pariwisata

Jelang Akhir Libur Sekolah, Kawasan Wisata Gunungkidul Terus Dipadati Wisatawan

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Sejak libur sekolah tiba, tingkat kunjungan wisatawan di Gunungkidul khususnya pantai selatan mengalami peningkatan signifikan. Jelang akhir masa libur sekolah seperti sekarang ini, tingkat kunjungan ke kawasan wisata Gunungkidul sendiri diperkirakan akan terus mengalami peningkatan. Ramainya lalu lintas di jalur selatan tentunya berpotensi kecelakaan lalu lintas maupun kepadatan kendaraan. Mengantisipasi hal tersebut, Satlantas Polres Gunungkidul dan Dinas Perhubungan Gunungkidul menurunkan tim khusus.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian mengatakan, pada libur sekolah ini peningkatan wisatawan dirasakan, khususnya pada akhir pekan. Seperti halnya pada Sabtu 2 Juli 2022 lalu tercatat ada 15.030 pengunjung yang masuk ke kawasan pantai. Kemudian pada hari Minggu 3 Juli 2022, tingkat kunjungan sendiri mengalami peningkatan signifikan hingga mencapai 30.606 pengunjung. Pada pekan ini pun juga dipastikan kunjungan wisata mengalami peningkatan.

Berita Lainnya  Perputaran Uang Pariwisata Gunungkidul Rendah, Pegiat Wisata Masih Sebatas Prioritaskan Jumlah Kunjungan

“Yang paling dominan pengunjungnya adalah di kawasan pantai,” terang Mohamad Arif Aldian, Minggu (10/07/2022).

Peningkatan kunjungan wisatawan ini menurut Arif telah dirasakan sejak 25 Juni 2022 silam. Menurutnya, 90 persen kunjungan terbanyak ada di wilayah pantai selatan sedangkan sisanya tersebar di kawasan wisata lainnya.

Pada momentum ini, dinas tidak menargetkan kunjungan wisatawan. Namun meski begitu, pada momen-momen libur panjang memang pengunjung membludak. Meski saat ini diterapkan kebijakan pelonggaran, namun ia memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan covid19 tetap dipatuhi oleh wisatawan yang masuk ke kawasan wisata Gunungkidul.

“Pantauan juga tetap dilakukan oleh petugas baik dari dinas pariwisata maupun SAR mengenai prokes ini,” jelasnya.

Tingginya angka kunjungan ke Gunungkidul sendiri berdampak pada arus kepadatan lalu lintas di jalanan Gunungkidul yang mengalami peningkatan signifikan. Tak jarang pada jam-jam sibuk keberangkatan maupun kepulangan, terjadi penumpukan kendaraan wisatawan di jalur wisata maupun jalur masuk ke Gunungkidul.

Berita Lainnya  Pantai Seruni, Spot Foto Instagramabel yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Akhir Tahun

Untuk mengurai kepadatan lalu lintas selama libur sekolah ini, petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan menerjunkan tim khusus. Jalur yang mengalami kepadatan terutama yang menuju kawasan pantai selatan mendapatkan pengawasan dan penanganan khusus.

Adapun kepadatan lalu lintas sendiri didominasi oleh kendaraan besar seperti bus wisata terutama di pagi hingga sore. Tim khusus ini yang kemudian melaksanakan skema rekayasa lalu lintas manakala jalur wisata jadi sangat padat.

“Peningkatannya memang luar biasa saat akhir pekan,” ucap Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto menuturkan, meski terjadi peningkatan pada musim libur sekolah ini, penimgkatan lalu lintas hanya sekitar 15 sampai 20 persen dibanding hari biasa.

Berita Lainnya  Antisipasi Antrian di TPR, Pemerintah Siapkan 3 Titik Untuk Screening Rombongan Bus Pariwisata

“Masih belum ditemukan ada kemacetan panjang di jalanan Gunungkidul,” papar Rakhmadian.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler