fbpx
Connect with us

Sosial

Jelang Coblosan, KPU Gunungkidul Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul menggelar simulasi pemungutan suara menjelang pelaksaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang. Kegiatan ini melibatkan sejumlah pihak baik Panitia Pemungutan Suara (PPS), perwakilan partai politik dan stakeholder lainnya.

Ketua KPU Gunungkidul, ASih Nuryanti mengatakan, simulasi pemungutan dan perhitungan suara ini dimakusdkan agar pada pelaksanaannya nanti semua pihak mengetahui teknis-teknis dan aturan yang berlaku. Selain itu juga untuk pemantapan dalam terselenggaranya pesta demokrasi.

“Tentu ada beberapa hal yang kami terapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ini sebagai upaya pemantapan untuk petugas dalam tugas negara (Pemilu),” ucap Asih, Rabu (24/01/2024).

Ia mengatakan, meski ada hal-hal baru di beberapa komponen namun secara teknis untuk pelaksanaan pemilu hampir sama dengan pemilu pada periode sebelumnya. Maka dari itu pembekalan dan simulasi ini dilakukan oleh KPU. Di tingkat bawah sendiri, usai pelantikan KPPS pada 25 Januari besok akan dilanjutkan dengan bimbingan teknis.

“Hal baru yang dimaksud misalnya adanya kursi prioritas bagi pemilih yang dalam situasi rentan seperti misalnya hamil, lansia atau disabilitas bisa memanfaatkan kursi prioritas ini nantinya dapat perlakuan khusus tanpa antri,” jelasnya.

Berita Lainnya  Ratusan Pasien Covid Meninggal Selama Juli, 92 Persen Belum Vaksin

Sejumlah tahapan juga masih bergulir menjelang pencoblosan. Pihaknya juga menggandeng stakeholder dalam pemantauan dan pengawasan pada masa kampaye ini. Persiapan terus dilakukan oleh KPU dan jajaran hingga ditingkat PPS. Termasuk dengan cuaca yang tidak menentu ini juga telah disikapi jauh jauh hari, dimana dalam pemanfaatan TPS dipilih daerah yang landai dan meminimalisir lokasi yang berada di titik rawan bencana.

“Salah satunya itu, tapi sejak penentuan TPS sudah memilih lokasi yang berada di tengah dan saya rasa di lokasi landai rawan bencana juga,” sambung dia.

Pemilu 2024 mendatang ada 2 tempat pemungutan suara (TPS) khusus yang disediakan oleh KPU, yaitu di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Wonosari dan Lembaga Permasyarakatan Perempuan Kelas IIB Jogjakarta yang berada di Baleharjo, Kapanewon Wonosari.

Berita Lainnya  Sensus Penduduk Online 2020, Capaian di Gunungkidul Baru Sentuh 13%

“Iya untuk TPS khusus ada di dua tempat itu, kami sudah koordinasikan. Mudah-mudahan dalam pelaksanaan Pemilu secara keseluruhan berjalan lancar,” sambung anggota KPU Gunungkidul, Irwan Budisantoso.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler